Teknologi Komputer dan Jaringan

.dateHeader/>

PENGERTIAN, FUNGSI DAN JENIS JENIS PLOTTER

Pengertian Plotter adalah, Fungsi Plotter adalah, Jenis-Jenis Plotter.


Dalam teknologi yang semakin maju maka dibutuhkan sebuah alat yang mendukung begitu pula dalam komputer juga dibutuhkan cetak mencetak gambar atau file maka dibutuhkan juga sebuah alat yang dikenal Plotter dan Printer namun pada artikel ini saya hanya akan membahas mengenai fungsi dan jenis Plotter.

PENGERTIAN PLOTTER

Pengertian Plotter adalah mesin cetak yang hasil outputnya berupa grafis dengan menggunakan tinta pewarna untuk mencetak gambarnya dengan ukuran yang lebih besar seperti ukuran gambar arsitektur dibanding mesin cetak printer yang hanya memiliki ukuran cetak 4A.


Pengertian Plotter adalah, Fungsi Plotter adalah, Jenis-Jenis Plotter Dan Prinsip Kerjanya.

FUNGSI PLOTTER

Mengacu pada pengertian plotter yang merupakan printer grafis, maka fungsi plotter tidak jauh beda dengan printer. Ploter berfungsi untuk mencetak gambar dari inputan yang berbentuk file menjadi output yang berupa grafis dengan ukuran yang besar. Plotter memiliki kesamaan fungsi dengan printer namun memiliki perbedaan yaitu pada ukuran dalam mencetak gambar. Karena sama fungsinya dengan printer tetapi kusus untuk gambar maka kertas yang digunakan juga lebih besar dari kertas biasa yaitu sebesar gambar arsitektur dan engineering. Untuk plotter jenis terbaru juga sudah terdapat plotter inkjet dan laser.

Plotter sering difungsikan untuk membuat peta, gambar arsitekture ataupun ilustri 3D yang memiliki ukuran besar dengan kualitas yang tinggi. Bahan yang digunakan untuk mancetak grafis pada plotter adalah kertas, vinyil, karet, gabus, kulit dan lainnya.

JENIS-JENIS PLOTTER DAN PRINSIP KERJANYA

PLOTTER PENA

Pada jenis Plotter pena memiliki fungsi kerja yaitu dalam mencetak gambar menggunakan satu pena atau sejumlah pena atau sejumlah pena warna warni untuk menggambar pada kertas atau plastik transparan namun dalam menggambar, plotter pena tidak menghasilkan keluaran berbentuk pola titik-titik atau garis-garis tetapi dalam bentuk garis kontinyu.

Pada Plotter Pena hanya mampu menggambar garis ketimbang gambar raster seperti percetakan biasa dan setiap melakukan proses pewarnaan plotter Pena tidak mampu mewarnai satu blok.

PLOTTER ELEKTROSTATIS

Pada jenis Plotter Elektrostatis difungsikan dengan meletakkan kertas pada tempat datar kemudian dibuat seperti mesin foto copy yaitu dengan memberi tegangan listrik pada kertas, tegangan listrik kemudian akan menarik tinta untuk melekat pada kertas kemudian tinta akan dicairkan dengan pemanas. Dari segi kualitas antara jenis Ploter Pena dengan Plotter Elektrostatis lebih baik plotter Pena tetapi dalam segi Kecepatan lebih baik Plotter Elektrostatis.

PLOTTER THERMAL

Jenis Plotter thermal fungsi kerjanya menggunakan pin yang dipanasi secara elektronis kemudian pin tersebut dilewatkan pada jenis media yang peka terhadap panas sehingga berbentuk gambar. Kelebihan Plotter Thermal adalah dapat digunakan pada kertas maupun pada film buram.

PLOTTER PEMOTONG

Plotter Pemotong salah satu jenis plotter yang berfungsi untuk memotong dari bahan vinyil, karet, gabus, kulit dan lainnya. Penggunaan jenis Plotter Pemotong yaitu pada industry sepatu atau industry pakaian untuk memotong pola atau bahan sekaligus.

PLOTTER FORMAT LEBAR

Jenis Plotter Format Lebar digunakan oleh perusahaan grafis karena memiliki fungsi mencetak dalam kertas yang sangat lebar. Plotter Format Lebar cocok digunakan untuk jasa print digital outdoor dan indoor seperti banner, poster, sticker, cutting dan sebagainnya.


KOMPONEN UTAMA PLOTTER

  • Printhead atau kepala cetak adalah komponen paling utama yang berfungsi untuk menyemprotkan tinta ke media cetak. Semakin tinggi resolusi dari printhead maka semakin bagus hasil cetakannya.
  • Catridge atau tempat tinta, berfungsi sebagai penampung tinta. Biasanya diletakkan di bagian kanan atau kiri dari mesin sebelah belakang.
  • Mainboard berfungsi untuk menancapkan alat alat lainnya sehingga bisa bekerja dengan optimal.
  • Rol kertas, komponen ini berfungsi untuk menaruh kertas atau media yang akan di cetak.
  • Heater berfungsi sebagai pengering setelah tinta disemprotkan ke media cetak cepat kering.
  • Cutter berfungsi untuk memotong media yang telah dicetak.

Kelebihan Plotter Format Lebar :

  • Dapat mencetak kertas yang lebar
  • Kecepatan cetak yang baik
  • Kualitas cetak yang baik
  • Tidak bising

Kekurangan Plotter Format Lebar :

  • Harga relatif mahal
  • Memakan tempat karena ukurannya yang relative besar
  • Boros Tinta

Demikian pembahasan yang saya tulis mengenai PENGERTIAN, FUNGSI DAN JENIS JENIS PLOTTER  semoga artikel ini membantu dalam menambah ilmu dan wawasan.


Share:

Iklan

Pengikut

Blog Archive