Teknologi Komputer dan Jaringan

.dateHeader/>

FUNGSI MEDIA PENYIMPANAN CD R / CD RW DAN MENGENALI PERBEDAAN CD/DVD ROM

Fungsi CD R, Pengertian CD R adalah, Fungsi CD R adalah, Pengertian CD RW adalah, Fungsi CD RW adalah, Perbedaan CD R dengan CD RW adalah, pengertian dan fungsi CD ROM, pengertian dan fungsi DVD ROM. 


Pada hari ini akan membahas topik artikel yang menarik untuk dibaca apalagi yang masih pemula, artikelnya akan membahas mengenai fungsi CD R dan CD RW serta media putarnya yaitu CD ROM dan DVD ROM. CD kepanjangan dari Compact Disk yang merupakan media penyimpanan pertama pengganti dari disket atau floppy disck dan CD berbentuk berupa cakram optic. CD terdiri dari 2 jenis yang memiliki perbedaan fungsi yaitu CD R dan CD RW, selain CD media penyimpanan kepingan lain yaitu DVD, namun dalam artikel ini hanya membahas fungsi dan perbedaan media penyimpanan CD saja. Banyak diantara orang-orang yang sering menggunakan media penyimpan berupa kepingan CD ini tetapi tidak tahu fungsi dan perbedaannya. Pada artikel ini kita akan membahas perbedaan keduanya. 
Baca Artikel terkait media penyimpanan DVD.

Pengertian CD R – CD R adalah sebuah media penyimpanan data, kepanjangan dari Compact Disk Recordable. CD R adalah sebuah piringan pipih yang berbahan polikarbonat berdiameter 120 mm. Data yang ditulis didalamnya bersifat WORM ( Write Once Read Many ) yaitu CD hanya mampu mengisi data sekali dan selanjutnya hanya bisa dilihat / dibaca. 




Dalam kata lain diartikan jika telah melakukan burning data ke dalam CD-R, maka data tersebut sudah tidak bisa kita hapus lagi. Bisa dikatakan CD-R hanya dapat digunakan untuk satu kali pemakaian karena kita tidak bisa mengahapus data di dalamnya. 

Kapasitas CD R – CD R memiliki kapasitas penyimpanan setiap keping yaitu 700 Mb dengan ketahanan 1-3 tahun. Proses perekamnya atau proses yang dilakukan untuk dapat mengisi (burning data) atau membaca data didalam CD R diperlukan alat kusus yaitu berupa CD-ROM dan untuk media membaca kusus CD R atau CD RW dibutuhkan CD ROM.

Pengertian CD RW – CD RW adalah pengembangan dari CD R. CD RW memiliki kepanjangan dari Compact Disk Recordable and rewriteable. Media penyimpanan CD RW terbuat dari bahan-bahan logam perpaduan antara perak, indium, antimon dan telurrium untuk lapisan perekaman dan dapat diubah datanya berkali - kali, dapat di tambah, diganti atau dihapus sewaktu – waktu. CD RW memiliki kelebihan dari CD R yaitu dapat mengedit, menghapus dan memburning berulang-ulang data ke dalam CD RW. 

CD-RW disebut juga CD-writer merupakan suatu alat yang selain mampu untuk membaca isi keping CD juga mampu menulisnya. CD-RW memiliki kecepatan yang bervariasi dan yang tercepat saat ini adalah 52X48X36, Hal ini dapat diterjemahkan sebagai berikut. 
  • kecepatan baca (read) 52 kali. 
  • kecepatan menulis (write) 48 kali. 
  • kecepatan rewrite 36 kali. 



Jadi fungsi dan perbedaan dari CD R dan CD RW adalah pada fungsi dan bahan yang digunakan. Fungsi CD R hanya dapat mengisi data sekali dan selanjutnya hanya dapat membaca data, sedangkan CD RW dapat membaca, menulis, mengedit, menghapus dan burning data berulang-ulang. Sedangkan untuk kapasitas tidak ada perbedaannya dan sama-sama memiliki kapasitas 700 MB. 

Pengertian CD-ROM - CD-ROM ( Compact Drive – Read Only memori ) adalah sebuah media yang digunakan untuk membaca sebuah CD. CD-ROM memiliki 2 tipe yaitu : ATA/IDE dan SCSI. Yang paling mendasari dari perbedaan tersebut adalah kecepatannya. Kalau ATA memiliki kecepatan 100-133 Mbps sedangkan SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps. 

Fungsi CD ROM adalah sebuah Hardware yang digunakan untuk membaca data media CD atau data yang tersimpan didalam sebuah CD. Selain untuk membaca data media CD. 

Pengertian DVD ROM – DVD Rom adalah sebuah DVD yang berasal dari kata Digital Versatile Disc. DVD sendiri hampir sama dengan CD ROM, akan tetapi DVD memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan CD. DVD ROM dapat memainkan piringan dari DVD yang memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan lebih baik dibandingkan dengan kepingan CD. Kepingan DVD biasanya memiliki kapasitas penyimpanan sekitar 4 GB. 

Perbedaan CD-Rom dan DVD-Rom adalah terletak pada fungsi membaca CD yaitu CD-Rom hanya dapat membaca pada media penyimpanan CD dan DVD Rom dapat membaca media penyimpanan CD maupun DVD. Perbedaan CD-Rom dan DVD-Rom yang lain adalah kecepatan putaran DVD Rom yaitu (1,32 MiB / s). lebih cepat dari pada CD Rom yaitu kecepatan untuk CD-ROM (150 KiB / s) 

Semoga artikel ini dapat membantu meningkatkan pengetahuan anda yang telah berkunjung pada blog saya.
Share:

2 komentar:

bebasqqlife mengatakan...

terima kasi banyak sebelumnya ya min ^^. artikel ini sangat berperan banyak pada hidup saya karena ini benar benar berguna, struktur dan tulisannya sangat rapi dan sangat mudah dimengerti, saya semakin paham juga atas ini semua. teruslah berkarya untuk anak bangsa , sukses selalu dan sehat selalu ^^
bandarq terpercaya
terima kasih dan salam hormat terdalam saya ya min

BATUQQ mengatakan...

terima kasi banyak ya min. artikel ini memang berguna sekali dan berfungsi bagi orang orang yang belum mengerti seperti saya , teruslah berkarya ya ^^ semoga anda sukses dan sehat selalu ya hehehehe.. numpang promo ya min
bebasqq adalah situs poker online terbaik di Indonesia dan bandarq terpercaya
*proses deposit/withdraw dibawah 1 menit
*deposit 24 jam
*tersedia bank bca,bni,bri,danamon,mandiri serta ovo
*bonus rollingan mencapai 0,5%
*bonus refferal 20%
*cs yang ramah dan baik hati selama 24 jam
*1 user id bisa memainkan 8 jenis permainan seperti aduq , bandarq , sakong , poker , bandar poker , bandar66 , dominoqq , dan capsa susun

jangan lupa juga kunjungi website saya di :

bebasqq

terima kasih dan salam hormat terdalam saya ya min ^^

Iklan

Pengikut

Blog Archive