Teknologi Komputer dan Jaringan

.dateHeader/>

PENGERTIAN, FUNGSI DAN JENIS-JENIS CASING KOMPUTER

Pengertian Casing Komputer, Fungsi Casing Komputer, Jenis-Jenis Casing Komputer


Hallo teman-teman pembaca blog Mbahasilmu.blogspot.com . dalam artikel ini saya akan menulis postingan mengenai Casing komputer.

Pengertian Casing

Casing Komputer adalah salah satu dari perangkat keras komputer yang terbuat dari aluminium atau seng yang memiliki bentuk persegi panjang.
Pengertian Casing Komputer, Fungsi Casing Komputer, Jenis-Jenis Casing Komputer

Fungsi Casing

Fungsi Casing komputer adalah untuk memasang perangkat keras komputer seperti Motherboard, harddisk, Cd Rom , Power Supply dan perangkat lainnya sera berfungsi untuk melindungi perangkat-perangkat tersebut dari kelembaban, air, panas, debu dan benturan fisik yang mungkin terjadi dan bisa merusak komponen komputer.

Jenis-Jenis Casing

  • Casing Desktop

Merupakan casing berbentuk kotak dengan ukuran lebar kira-kira 30-40 cm dan panjang kira-kira 50-60 cm. Casing jenis ini biasanya suka berada di bawah monitor dan casing ini sebenarnya bukan casing ketinggalan jaman atau jadul. Sekarang masih banyak pengguna memakai casing ini, karenan ukurannya lebih kecil namun mempunyai kelemahan yaitu berat pada casing .

  • Casing Tower

Casing Mini Tower

Casing mini-tower hanya bisa menampung motherboard dengan ukuran Micro-ATX.
Casing Middle Tower. Casing tower  sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), lampu power, lampu turbo, dan kabel-kabel lampu.

Casing Full Tower

Casing komputer pada tahun telah menggunakan casing tower, casing ini mempunyai ruang lebih luas serta suhu dalam casing komputer tidak terlalu cepat panas dan juga lebih mudah dalam menambah komponen lainnya.

Casing Full Tower dapat menampung semua ukuran motherboard seperti Micro- ATX, ATX, E-ATX dan XL-ATX. Casing Full Tower pada umumnya digunakan oleh para gamer atau untuk mereka yang antusias dengan hardware pada komputer.

Casing Mini ITX

Casing Mini ITX hanya bisa menampung motherboard dengan ukuran Mini-ITX, ukurannya jauh lebih kecil kalau dibandingkan dengan casing mini-tower, dan biasanya casing jenis ini menggunakan power supply dengan ukuran khusus lebih kecil dari power supply yag biasa kita lihat di dalam casing-casing komputer . 

Demikian pembahasan pada blog saya semoga artikel ini bias bermanfaat dalam menambah ilmu dan wawasan.
Share:

1 komentar:

Toko Komputer Online Terpercaya mengatakan...

Makasih ya, infonya bermanfaat.

Boleh dong kunjungannya ke blog saya juga :D
Cek tulisan terbaru saya di : Toko Komputer Indonesia atau cek lainnya di https://agrestips.wordpress.com/

Iklan

Pengikut

Blog Archive