Teknologi Komputer dan Jaringan

.dateHeader/>

TIPE DAN ARSITEKTUR SCSI PADA KOMPUTER

Arsitektur scsi adalah, mekanisme akses adalah. Tipe scsi adalah.


Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Arsitekture SCSI. Pengertian SCSI adalah set standart dari sebuah arsitektur bus untul menghubungkan secara fisik dan mentransfer data antar komputer dan peripheral. SCSI  memiliki bentuk fisik berupa kabel ribbon dengan jumlah konduktor 50 atau 68,  memiliki kecepatan yang lebih cepat dari pada kabel IDE dan lebih banyak digunakan pada peralatan komputasi yang membutuhkan kinerja tinggi seperti server, workstation dan storage yang menginginkan high performance. Selain digunakan pada peralatan diatas SCSI juga banyak digunakan pada system RAID untuk membuat data lebih handal dalam menghadapi kemungkinan kerusakan harddisk. Pada Protoko SCSI juga mendukung 16 device dalam bus dengan jumlah pin 50 sampai 80 pin.

Arsitektur scsi adalah, mekanisme akses adalah. Tipe scsi adalah.

SCSI jenis interface yang digunakan untuk komponen komputer berupa hard drive, drive optic, scanner dan drive tape. SCSI ini merupakan teknologi yang bersaing dengan standart IDE (Integrated Drive Elektronics). Pada perkembangan SCSI kususnya hard drivr dirancang untuk digunakan dalam menangani kebutuhan pasar server sehingga dibuat dengan standart yang lebih tinggi dan lebih baik dari pada drive  IDE dengan kapasitas yang berkelas namun dengan perkembangan seperti itu menjadikan SCSI lebih mahal.

ARSITEKTUR SCSI

Pada Protokol SCSI mampu mendukung 16 device dalam bus dan device tersebut termasuk sebuah controller card dalam host (SCSI initiator yang meminta operasi) dan 15 storage device ( 15 atau lebih perangkat dalam satu mata rantai). Sebuah SCSI disk adalah sebuah SCSI target biasa tapi protokolnya menyediakan kemampuan untuk menuliskan sampai 8 logical unit pada setiap SCSI target.

MEKANISME AKSES

SCSI (Small Computer System Interface) yang mmeiliki nama awal yaitu SASI ( Shugart Associate System Interface). SCSI digunakan pada kompuetr server karena kemampuannya yang cepat dan kemampuan multitasking yang baik. SCSI berputar lebih cepat dari pada  IDE yaitu sekitar 7200 sampai 10000 rpm dan untuk SCSI yang terbaru mampu berputar hingga 15000 rpm.

SCSI  terdiri dari beberapa tipe seperti SCSI-1, SCSI-2, Ultra-2 SCSI dan Ultra-3 SCSI.

SCSI-1 memiliki 2 jenis kecepatan yaitu 3.5 MBps dan 5 MBps dan bekerja secara asinkron dengan panjang kabel mencapai hingga 6 meter.

SCSI-2 diluncurkan pada tahun 1989 dengan 2 jenis yaitu :

1.  FAST SCSI : memiliki kecepatan 10 MBps dan 8 bit Bus width
2.  WIDE SCSI : memiliki kecepatan 20 MBpa dan 16 bit bus width

SCSI versi 3 diluncurkan dengan 2 jenis yaitu :

1.  Ultra SCSI : menggunakan bus width 8 bit
2.  Ultra Wide SCSI : menggunakan bus width 16 bit

Pada kedua jenis dari SCSI versi 3 memiliki kecepatan 2x lebih cepat dari SCSI versi 2 tetapi kekurangannya pada SCSI versi 3 yaitu kurang stabil.

Ultra-2 SCSI Diluncurkan pada tahun 1997 dengan fitur LVD (Low Voltage Differential) dan stabil. Versi Ultra-2 SCSI memiliki 2 jenis yaitu :

1.  Ultra-2 SCSI : Ultra-2 SCSI memiliki kecepatan 40 MBps dengan Bus wodth 8 bit
2.  Ultra-2 Wide SCSI : memiliki kecepatan 80 MBps  dengan bus width 16 bit

Kedua jenis Ultra-2 SCSI mampu menghubungkan kabel hingga 12 meter.

Ultra-3 SCSI Pada versi ini menambahkan fitur CRC (Cyclic Redudancy Check) error checking. Ultra-3 SCSI disebut juga dengan Ultra-160 karena kecepatan Ultra-3 memang 160 MBps dan juga menawarkan pin SCSI yang lebih variatif.

Istilah FAST SCSI dan WIDE SCSI didasari pada peningkatan kecepatan transfer. Pada istilah FAST menunjukan clock yang digunakan yaitu 10 MHZ sedangkan istilah WIDE menunjukan lebar data yang digunakan yaitu 16 bit. Pada FAST  SCSI maupun WIDE SCSI memiliki kecepatan transfer teroritis maksimum yaitu 10 MBps sementara untuk lebar datanya 16 bit dan clock sebesar 10 MHZ. Untuk masalah device yang didukung pada FAST SCSI mampu mendukung 7 device ( Host tidak termasuk) dan untuk WIDE SCSI nanpu mendukung 15 device ( Host tidak termasuk).

Demikian pembahasan artikel yang saya tulis semoga ilmu yang saya tulis dapat menambah wawasan pembaca.
Share:

0 komentar:

Iklan

Pengikut

Blog Archive