Teknologi Komputer dan Jaringan

.dateHeader/>

DEFINISI PC CLONNING ATAU CLONNING HARDDISK

Pengertian Clonning PC atau Clonning harddisk.


Clonning adalah suatu langkah yang digunakan oleh seseorang dalam mempermudah pekerjaannya, Clonning dapat digunakan pada sebua lab atau warnet yang memiliki banyak computer dan tidak perlu repot untuk melakukan isntalasi Operating system atau program pada masing-masing Harddisk maka dengan Clonning cukup menduplikasi, pada artikel ini saya akan membahas mengenai PC Cloning atau PC Cloning System

PENGERTIAN PC CLONING

PC Clonning atau yang disebut juga Clonning Harddisk adalah suatu langkah yang digunakan untuk menggandakan atau menduplikasi isi dari suatu harddisk menjadi sama persis dengan isi harddisk yang dijadikan sumber. PC cloning sering digunakan pada suatu lab atau warnet yang memiliki komputer lebih dari satu karena dengan cloning PC dapat mengehmat waktu tanpa harus melakukan proses instalasi operating system dan program-program  satu per satu pada setiap harddisk.

Pengertian Clonning PC atau Clonning harddisk

Dalam proses PC cloning dibutuhkan sebuah aplikasi yaitu Aplikasi yang akan digunakan untuk Cloning harddisk adalah Hiren’s. Hiren’s Boot CD merupakan sebuah CD bootable Hiren’s  yang memiliki banyak software didalamnya salah satu diantaranya yaitu Norton ghost yang akan kita gunakan untuk Cloning harddisk .

PENGERTIAN PC CLONING SYSTEM

PC Clonning System adalah Suatu sistem yang diterapkan pada jaringan komputer, digunakan untuk mentransfer kemampuan hardware server keseluruh client yang terkoneksi. Atau bisa pula didefenisikan sebagai berikut :

Suatu sistem yang diterapkan pada jaringan komputer, dimana seluruh proses kerja dalam jaringan tersebut ditangani oleh server sepenuhnya dengan menggunakan utilitas tertentu.

Dari dua pengertian di atas, jelaslah kalau client hanya berposisi sebagai dumb terminal yang menjadi media bagi pengguna dalam menjalankan server. Karena hardware client hanya bekerja pada saat boot­ing, setelah stabil secara otomatis hardware client tidak akan berfungsi karena sudah menggunakan kemampuan yang ada pada server. Jadi sistem jaringan yang dibangun bukan merupakan sistem jaringan murni sebagaimana yang kita kenal di mana server melayani sejumlah client yang terkoneksi akan tetapi pengguna dapat mengoperasikan server secara optimal melalui client.

MANFAAT PC CLONING

  • Menghemat kebutuhan hardware dan Software, karena hanya membutuhkan satu unit komputer berkecepatan tinggi untuk dijadikan Server Sedangkan PC Client dapat menggunakan komputer berkecepatan standart.
  • Efisiensi, Instalasi semua aplikasi hanya dilakukan di Server. Komputer Client hanya perlu system dengan Device hardware dengan spesifikasi yang lebih rendah.
  • Bahkan komputer client dapat bekerja tanpa Hard disk, cukup dengan disket (tentunya dengan proses modifikasi).

KELEMAHAN PC CLONING

  • Menurunnya kinerja server karena banyaknya client yang terkoneksi

PERANGKAT YANG DIGUNAKAN UNTUK PROSES PC CLONNING

  • Komputer Server
  • Komputer Client
  • LAN (Local Area Network)
  • Aplikasi Utility untuk Clonning

Semoga artikel yang saya tulis dapat bermanfaat meambah ilmu dan wawasan pembaca.
Share:

0 komentar:

Iklan

Pengikut

Blog Archive