Teknologi Komputer dan Jaringan

.dateHeader/>

PENGERTIAN DAN PENGGUNAAN MEMORI VIRTUAL

Pengertian Memori Virtual adalah, Keuntungan Memori Virtual .


Virtual memori berfungsi untuk menyimpan data namun fisiknya tidak ada. Mengapa bisa seperti itu, ada fungsi memorinya namun tidak ada fisiknya ? Pembahasan tentang Virtual memori akan dibahas pada paragraf dibawah.

Virtual memory adalah memori sementara yang digunakan komputer untuk menjalankan berbagai program aplikasi ataupun menyimpan data yang membutuhkan memory yang lebih besar dari memory yang telah tersedia.

Virtual memori atau yang biasa disebut Virtual RAM pada dasarnya diperuntukan untuk mengalokasi cache system yang penuh di RAM utama.

Virtual Memori adalah suatu teknik yang memisahkan antara memori logis dan memori fisiknya. Memori logis berisi kumpulan keseluruhan suatu program. Tanpa memori virtual, memori logis akan langsung dibawa ke memori fisik (memori utama). Jadi fungsi memori virtual adalah melakukan pemisahan dengan menaruh memori logis ke secondary storage (disk sekunder) dan hanya membawa halaman yang diperlukan ke memori utama (memori fisik).

Dengan adanya memori virtual maka kinerja pada memory utama tidak terganggu dan ketika sedang membutuhkan intruksi atau data yang terdapat pada suatu halaman tertentu maka halaman tersebut akan dicari di memori utama dan jika halaman yang dicari tidak ditemukan di memori utama maka akan dicari di disk sekunder.

Virtual memory juga bisa dikatakan sebagai Memori Tambahan yang menjadi fitur setiap masing masing Sistem Operasi , misalnya Linux terdapat Swap . Memori virtual ini , digunakan Sistem Operasi ketika Komputer sedang menjalankan sebuah Program aplikasi yang kapasitasnya melebih Memori yang tersedia .

Teknik memori virtual akan memudahkan pekerjaan seorang programmer ketika besar data dan programnya melampaui kapasitas memori utama.


Pengertian Memori Virtual adalah, Keuntungan Memori Virtual .

Virtual Memori di Windows

Virtual Memori di Windows dapat diperoleh dari Harddisk yang diset menyerupai RAM oleh system.Hal ini dilakukan karena Memori membutuhkan ruang yang lebih besar  dari pada memori fisik atau RAM untuk menjalankan program . Virtual Memori berupa file yang bernama pagefile.sys yang di-set hidden oleh windows dan file ini digunakan untuk menampung program dan data yang tidak cukup di memori fisik atau RAM. Ukuran Virtual Memori dapat dirubah dan windows merekomendasikan ukuran minimal 1,5 kali dari ukuran memori fisik atau RAM.

Cara Kerja Virtual Memori di Windows

Virtual memori dalam windows berbentuk swapfile atau paging file, Virtual memori digunakan pada saatoperating System kehabisan memori sehingga operating system akan memindahkan data yang terakhir diakses ke dalam swapfile di harddisk. Pengosongan atau pembebasan beberapa ruang kosong pada memori untuk aplikasi yang digunakan selanjutnya. Proses di atas akan bekerja terus menerus ketika data baru diisi kedalam RAM. Kemudian saat data yang tersimpan di swipfile diperlukan maka data akan ditukar (data swap) dengan data yang paling akhir di akses atau diisi pada RAM. File pada memori virtual tidak tidak dapat langsung di akses semua membutuhkan pergantian dengan RAM sehingga untuk lebih cepat mengakses data pada virtual memori maka dibutuhkan RAM yang memiliki space besar.

Keuntungan Memori Virtual adalah :

  • Berkurangnya  proses  I/O  yang  dibutuhkan  (lalu  lintas  I/O  menjadi  rendah). 
  • Ruang menjadi lebih leluasa karena berkurangnya memori fisik yang digunakan. Contoh, untuk program 10 MB tidak seluruh bagian dimasukkan dalam memori fisik. Pesan-pesan error hanya dimasukkan jika terjadi error.
  • Meningkatnya respon, karena menurunnya beban I/O dan memori.
  • Bertambahnya jumlah pengguna yang dapat dilayani. Ruang memori yang masih tersedia luas memungkinkan komputer untuk menerima lebih banyak permintaan dari pengguna.

Semoga pembahasan tentang Pengertian dan penggunaan memori virtual yang saya tulis pada postingan berikut dapat bermanfaat menambah wawasan pembaca.
Share:

0 komentar:

Iklan

Pengikut

Blog Archive