Teknologi Komputer dan Jaringan

.dateHeader/>

PENYEBAB BAD SECTOR DAN CARA MEMPERBAIKI BAD SECTOR DENGAN SPINRITE



Pengertian Bad Sector pada harddisk, Bad Sector pada harddisk adalah, Penyebab Timbulnya Bad Sector pada Hardisk, Cara memperbaiki Bad Sector pada Hardisk dengan SpinRite ,Cara memperbaiki Bad Sector pada Hardisk dengan CMD

Harddisk bagi orang-orang yang mengenal teknologi dan hobi berkomputer entah ngegame, downloader ataupun kegiatan komputer yang lain merupakan piranti yang sangat spesial karena dengan harddisk mereka dapat menyimpan soft file apapun yang mereka mau bahakan bisa musik maupun video bahkan game-game yang memiliki kapasitas tinggi, disisi lain karena faktor harga harddisk sendiri yang cukup mahal tidak heran jika apabila terjadi kerusakan sedikit pada harddisk maka para user atau pengguna komputer akan menyelami dunia web atau blog untuk mencari solusi memperbaikinya. Maka pada artikel ini saya menyediakan tips yang baik untuk memperbaiki kerusakan pada harddisk.

Pengertian Bad Sector

Bad Sector pada harddisk adalah suatu permasalahan dimana suatu file atau data yang tersimpan didalam Hardisk tidak dapat ditulis atau dibaca karena kerusakan fisik atau inkonsistensi paritas dalam pemeriksaan bit pada disk. Salah satu hal yang menyebabkan bad sector adalah Tekanan pada “head” pembaca piringan hardisk yang memaksakan diri untuk membaca data. Bad Sector dapat terjadi pada semua Hardisk tidak terkecuali Hardisk yang memiliki merk terbaik. Kesalahan Bad sector biasanya ditandai dengan pesan "CRC" atau "Cyclic Redundancy Error".



Penyebab Timbulnya Bad Sector pada Hardisk :

Penyebab timbulnya bad sector adalah Mematikan komputer dengan cara yang tidak benar . Hal ini biasanya terjadi karena keadaan daya listrik yang kurang stabil seperti pemadaman listrik, adapun cara yang benar untuk mematikan komputer tanpa menyebabkan bad sector adalah melalui perintah “shutdown”. Ketika listrik mati head akan berhenti mendadak dan ketika listrik kembali menyala head akan kembali bekerja secara mendadak.

Penyebab gesekan pada piringan hardisk yang lain dan menyebabkan bad sector adalah karena kebocoran perangkat yang mengakibatkan debu masuk dan mengarah pada piringan dan menyebabkan gesekan yang berakibat fatal.

Tekanan pada “head” pembaca piringan hardisk yang memaksakan diri untuk membaca data adalah penyebab utama yang menimbulkan bad sector hardisk.

Melemahnya magnetik dari piringan hardisk dan kesalahan mekanis. Kemungkinan, daerah magnetik disk kehilangan magnet dan karenanya ketidakmampuan untuk menyimpan data.

Selain faktor fisik yang menyebabkan bad sector adalah faktor Umur Hardisk yang sudah tua dan Virus atau malware .

Penyebab lain yang menimbulkan Bad Sector pada harrdisk adalah disebabkan oleh pemeriksaan Parity yang buruk saat menyalin bit pada disk. Pada hardisk modern data akan disimpan secara transparan dan akan menyimpan Parity bit bersama-sama dengan data. Ketika data dibaca, bit paritas juga diambil dan dibandingkan untuk menjamin integritas data. Hal ini berlangsung tanpa sepengetahuan user. Ketika bit parity rusak untuk beberapa alasan, kemudian akan berakibat pada kesalahan bad sector.

Bad Sector pada harrdisk adalah kerusakan pada media penyimpanan yang memiliki kecenderungan untuk menyebar dan biasanya tidak dapat diperbaiki. Ketika Bad sector menyebar, dapat menyebabkan ketidakstabilan sistem ketika file sistem penting lainnya rusak.

Memperbaiki Bad Sector pada Hardisk dengan SpinRite

Alat-alat yang digunakan untuk memperbaiki bad sector adalah :

CD ato flashdisk

PC (jangan notebook soalny proses memperbaiki Bad Sector pada harddisk akan lama)

Software yg digunakan memperbaiki Bad Sector adalah SPINRITE

Cara Memperbaiki Bad Sector pada hardisk :

Buka software SpinRite => pilih “Create ISO or Image File”(Untuk yang menggunakan CD buat untuk memperbaiki bad sector ) => Compress ke format Iso sudah selesai maka langsung diburn ke CD menggunakan software untuk ngeburn CD, untuk yang menggunakan flashdisk pilih “Install SpinRite on Drive” kemudian tahan tombol huruf di keyboard yg sesuai dengan huruf drive flashdisk dan tekan Install Bootable SpinRite, tunggu sampe proses selesai kemudian tekan close.

Restart komputer & masuk ke Bios => Pilih menu boot kemudian pilih menu booting devices, jika menggunakan CD maka bootingnya disetel CD-ROM (CDnya harus sudah dimasukin ke CD-ROMnya sebelum masuk ke Bios ) dan jika menggunakan flashdisk pilih menu hardisk priority => pada Harddisk pertama diganti ke flashdisk, jika sudah langsung exit bios & saving.

Jika booting berhasil akan masuk ke program SpinRite (dalam bentuk program DOS)..SpinRite mempunyai 5 pilihan untuk merbaiki bad sector , pilih mana sesuai dengan kebutuhan bad sector pada Hardisk ( secara umum yang digunakan itu no 2 .
Jika sudah menetapkan pilihan mana yg agan pilih maka akan keluar rekomendasi drive atau partisi mana yg mau diperbaiki (bad sector pada Harddisk) => jika drive atau partisi sudah dipilih akan diminta untuk menunggu (menunggu selama proses cukup lama) Bad sector pada hardisk akan ditandai & nanti yg digunakan adalah sector masih normal => finish

Memperbaiki Bad Sector pada Hardisk melalui Command Promt (CMD)

Buka Command promt (CMD ) => jalankan Run as Administrator
Pada CMD ketikan chkdsk /r /f d: => enter
Tunggu sampai proses selesai

Note :

Chkdsk adalah perintah untuk mengecek harddisk
/r adalah perintah untuk memindah Bad Sector Hardisk
/f adalah perintah untuk memperbaiki error
d: adalah drive atau partisi hardisk yang akan diperbaiki

Dua cara diatas merupakan cara memperbaiki Bad Sector pada Hardisk yang sederhana dan sesuai dari seberapa parah terjadinya Bad Sector pada Hardisk, jika sudah tidak bisa diperbaiki maka hardisk tersebut sudah rusak dan harus diganti baru.

Semoga Artikel ini dapat sedikit membantu menambah ilmu untuk yang sedang belajar menyelami dunia teknologi. " Ilmu itu mahal harganya, Ilmu didapatkan dari waktu dan usaha yang tidak dapat dikembalikan maupun dibeli. "
Share:

1 komentar:

Print Plotter HVS A0 A1 A2 mengatakan...

Terima kasih
Infonya sangat bermanfaat

Iklan

Pengikut

Blog Archive