Teknologi Komputer dan Jaringan

.dateHeader/>

PENGERTIAN, JENIS DAN TYPE RAM SERTA 4 BAGIAN UTAMANYA

Pengertian RAM, Fungsi RAM komputer, Jenis RAM komputer, tipe RAM Komputer, 4 bagian utama RAM komputer



Salah satu media penyimpanan komputer yang sangat penting adalah RAM. Pada artikel ini Mbahasilmu.blogspot.co.id akan membahas tentang Pengertian RAM, Fungsi RAM komputer, Jenis RAM komputer, tipe RAM Komputer, 4 bagian utama RAM komputer. RAM adalah Singkatan dari Random Access Memory yang berfungsi sebagai memory penyimpanan sementara dari suatu perintah dari user yang akan di eksekusi oleh Processor dan juga sebagai penyimpan sementara dari hasil eksekusi dari Ram sebelum diproses lebih lanjut untuk di keluarkan dalam bentuk output.

Fungsi RAM Komputer adalah sebagai pendukung dan pelayan bagi prosesor dalam melakukan proses komputing. salah satu Hardware utama yang Harus ada untuk kelengkapan suatu rangkaian Hardware komputer.


RAM (Random Access Memory) mempunyai fungsi sebagai penyimpan data sementara. Menyimpan data dari hardisk dan menyuplai data untuk prosessor yang akan diproses. Semakin besar kapasitas memory semakin cepat pula kerja suatu komputer.


4 Bagian Utama RAM Komputer

  • Input Storage: Digunakan untuk menyimpan sementara inputan yang dimasukkan
  • Program Storage: Digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses
  • Working Storage: Digunakan untuk menyimpan data yang akan diproses dan hasil proses
  • Output Storage: Digunakan untuk menyimpan sementara hasil akhir dari proses yang akan ditampilkan (output)

Jenis-Jenis RAM Komputer

DRAM (Dynamic Random Access Memory) adalah jenis RAM semikonduktor yang membutuhkan kapasitor sebagai tumpuan untuk refresh data yang ada di dalamnya. Dalam susunanya. DRAM hanya memerlukan satu transistor dan kapasitor/bit, sehingga memiliki kepadatan tinggi.

DRAM mempunyai frekuensi kerja yang bervariasi, yaitu antara 4,77MHz hingga 40MHz. jenis RAM ini memiliki kecepatan lebih tinggi di banding EDO-RAM(Extended Data Out Random Access Memory). Namun lebih rendah dibandingkan SRAM(Static Random Access Memory).

SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory) adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah diskronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. Cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.

RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory) adalah jenis RAM yang memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. Slot Memori untuk RD RAM adalah 184 pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM). Memiliki kecepatan hingga 800 MHz.

SRAM (Static Random Access Memory) adalah jenis RAM yang terbuat dari semacam semikonduktor yang tidak memerlukan kapasitor dan tidak memerlukan penyegaran secara berkala sehingga lebih cepat. Namun SRAM memiliki kelemahan, yakni biaya produksinya mahal sehingga hanya tersedia dalam kapasitas kecil dan menangani bagian yang benar-benar penting.

EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory) adalah jenis RAM yang memiliki kemampuan akses dan transfer data yang lebih cepat dibandingkan dengan RAM biasanya. Slot memori untuk EDORAM adalah 72 pin. Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM yaitu bentuk Single Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz.

FPM DRAM (First Page Mode DRAM) merupakan bentuk asli dari DRAM. jenis RAM ini memiliki laju transfer maksimum untuk cache L2 mendekati 176 MB per sekon. FPM bekerja pada rentang frekuensi 16MHz hingga 66MHz dengan access time sekitar 50 ns.

VGRAM (Video Graphic Random Acces Memory) adalah jenis RAM yang dibuat khusus untuk video adapter .

DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Acces Memory) atau lebih dikenal dengan DDR 1 (Double Data Rate) RAM generasi 1 adalah memori yang mulai menggunakan teknologi double clock cycle. Jenis RAM ini berbeda dengan SDR (single data rate) RAM yang hanya mampu melakukan single clock cycle. Sehingga DDR RAM mampu mentransfer data dua kali lebih cepat.

DDR RAM ini ada beberapa jenis seperti DDR-200 (memiliki memory clock 100 MHz), DDR-266 (memiliki memory clock 133 MHz), DDR-333 (memiliki memory clock 166 MHz) dan DDR-400 (memiliki memory clock 200 MHz). Frekuensi transfer yang bisa dihasilkan DDR1 hanya antara 200-400 MHz. DDR RAM versi 1 ini dikembangkan sejak 1996 sampai 2000.

DDR2 RAM adalah jenis RAM yang memiliki clock cycle dua kali lebih banyak. Artinya, kemampuanya dua kali lebih cepat dibandingkan DDR1. Memory clock-nya terentang dari 100 MHz sampai 266 MHz. Jenis DDR2 memiliki nama standar DDR2-400, DDR2-533, DDR2-667, DDR2-800 dan DDR2-1066. Dan frekuensi transfer antara 400-1966 MHz.

DDR3 RAM adalah jenis RAM yang memiliki memory clock-nya tak jauh beda dengan DDR2 yaitu dari 100 MHz sampai 266 MHz. Bedanya terletak frekuensi transfernya yang lebih tinggi yaitu mencapai 2133 MHz (DDR2 maksimal hanya sampai 1066 MHz) dan voltasenya yang lebih hemat yaitu hanya 1.5v (DDR2 memerlukan voltase 1.8v dan DDR 1 dengan 2.5/2.6v).

DDR4 SDRAM singkatan untuk tipe Double Date Rate Random Access Memory adalah jenis dynamic random-access memory (DRAM) dengan Interface bandwidth tinggi diharapkan akan dirilis ke pasar pada tahun 2012 . ini adalah salah satu dari beberapa varian dari DRAM yang telah digunakan sejak awal 1970-an dan tidak kompatibel dengan semua jenis sebelumnya random access memory (RAM) karena tegangan sinyal yang berbeda, antarmuka fisik dan faktor-faktor lainnya. Memori DDR4 ini diklaim sebagai memory generasi Terbaru yang memiliki Tingkat kecepatan transfer rate 2133 – 4266 MT/ second dimana yang kita ketahui sekarang masih tekhnologi DDR3 dan itu dengan kecepatan 800MT/second.




Tipe RAM Komputer

a. SIMM

Kependekan dari Single In-Line Memory Module, artinya modul atau chip memori ditempelkan pada salah satu sisi sirkuit PCB. Memori jenis ini hanya mempunyai jumlah kaki (pin) sebanyak 30 dan 72 buah.

SIMM 30 pin berupa DRAM, banyak digunakan pada sistem berbasis prosessor 386 generasi akhir dan 486 generasi awal. SIM 30 pin berkapasitas 1MB, 4MB dan 16MB.

Sedangkan SIMM 70 pin dapat berupa DRAM maupun EDO DRAM yang digunakan bersama prosessor 486 generasi akhir dan Pentium. SIMM 70 pin diproduksi pada kapasitas 4MB, 8MB, 16MB, 32MB, 64MB dan 128MB.

b. DIMM

Kependekan dari Dual In-Line Memory Module, artinya modul atau chip memori ditempelkan pada kedua sisi PCB, saling berbalikan. Memori DIMM diproduksi dalam 2 bentuk yang berbeda, yaitu dengan jumlah kaki 168 dan 184.
DIMM 168 pin dapat berupa Fast-Page, EDO dan ECC SDRAM, dengan kapasitas mulai dari 8MB, 16MB, 32MB, 64MB dan 128MB. Sementara DIM 184 pin berupa DDR SDRAM.

c. SODIMM

Kependekan dari Small outline Dual In-Line Memory Module. Memori ini pada dasarnya sama dengan DIMM, namun berbeda dalam penggunaannya. Jika DIMM digunakan pada PC, maka SO DIMM digunakan pada laptop / notebook. SODIMM diproduksi dalam dua jenis,jenis pertama mempunyai jumlah kakai sebanyak 72, dan satunya berjumlah 144 buah.

d. RIMM / SORIMM

RIMM dan SORIMM merupakan jenis memori yang dibuat oleh Rambus. RIMM pada dasarnya sama dengan DIMM dan SORIMM mirip dengan SODIMM. Karena menggunakan teknologi dari Rambus yang terkenal mengutamakan kecepata, memori ini jadi cepat panas sehingga pihak Rambus perlu menambahkan aluminium untuk membantu melepas panas yang dihasilkan oleh memori ini.


Dari ulasan tentang RAM tentang Pengertian RAM, Fungsi RAM komputer, Jenis RAM komputer, tipe RAM Komputer, 4 bagian utama RAM komputer diatas semoga dapat menambah ilmu pembaca.
Share:

1 komentar:

Print Photo Glossy A0 A1 A2 mengatakan...

Terima kasih
Infonya sangat bermanfaat

Iklan

Pengikut

Blog Archive