Teknologi Komputer dan Jaringan

  • JARTEKOM

    WEBSITE TENTANG ILMU KOMPUTER DAN JARINGAN

  • JARTEKOM

    WEBSITE TENTANG ILMU KOMPUTER DAN JARINGAN

  • Noted

    USAHA TIDAK AKAN MEMBOHONGI HASIL

  • Blogger

    dwcita

  • writter

    dwcita

.dateHeader/>

TEMPLATE HTML SEDERHANA

Share:

DOWNLOAD BOOTSTRAP 3.3.7 RESPONSIVE FREE

Download BOOTSTRAP 3.3.7 Responsive Free

PENGERTIAN BOOTSTRAP 

Bootstrap adalah sebuah library framework CSS untuk pengembangan front end website. Bootstrap terdiri dari framework HTML, CSS dan Javascript yang terkenal di kalangan web developer. Di era sekarang web developer lebih suka menggunakan bootstrap dikarena memiliki fitur yang lebih muda, leluasa dan cepat mengembangkan program seperti bisa menambahkan CSS dan menambahkan class sendiri.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN BOOTSTRAP


- Hemat waktu
- Mobile friendly dan responsive
- Ringan dan terstruktur

Semoga artikel singkat ini bisa membantu ilmu dan wawasan dalam mencari informasi mengenai bootstrap dan untuk mencobanya bisa di download pada link dibawah.

BOOTSTRAP 3.3.7







Share:

.dateHeader/>

MENGATUR BRIGHTNESS DEFAULT SAAT BOOTING DI KALI LINUX VGA AMD/ATI

Brightness Kali  Linux, Monitor Komputer, Tutorial Untuk Pengguna VGA ATI, ATI Mobility Radeon HD 4200


Tiap kali mengatur Brightness Kali Linux selalu saja setelah reboot menjadi kembali lagi ke asal yaitu cerah. Jadi saya mencoba default config untuk mengatur kecerahan default kali Linux pada monitor komputer. Tutorial ini untuk pengguna VGA ATI seperti yang saya gunakan saat ini adalah "ATI Mobility Radeon HD 4200" berikut caranya :


1. Buka terminal ketik : nano/etc/rc local pada monitor komputer anda.

2. Akan muncul default config saat sebelum "exit 0" di atasnya ketik : echo 5>/sys/class/backlight/radeon_b10/brightness angka 5 dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan, untuk ukuran mata saya 5 sudah cukup.

3. Simpan dengan menekan CTRL+O

4. Exit dengan CTRL+X

5. Reboot

Share:

FIX SHORTCUT ERROR PADA WINDOWS 7


Baru" ini saya mendapat masalah mengenai shortcut error menjadi data shortcut, yang akan saya bagi mengenai tutorial gimana cara memperbaiki shortcut error.


Berikut cara fix nya:


1. Klik START

2. ketikkan regedit --> tekan enter

3. Doubble Klik HKEY_CURRENT_USER

4. Doubble Klik Software

5. Doubble Klik Microsoft

6. Doubble Klik Windows

7. Doubble Klik CurrentVersion

8. Doubble Klik Explorer

9. Doubble Klik FileExts

10. Doubble Klik .lnk => Klik OpenWithList, pada jendela sebelah kanan hapus selain ==> (Default) Type : REG_SZ Klik OpenWithProgids, pada jendela sebelah kanan hapus selain ==> (Default) Type : REG_SZ dan lnkfile Type : REG_NONE.

11. Klik Kanan UserChoice, klik delete, klik yes.

12. Restart


Dan icon shortcut dan file assoc .lnk file anda akan kembali normal, berarti anda telah berhasil me reset .lnk file (Shortcuts).



Share:

MASUK MODE GRAFIS TANPA MELALUI STARTX DAN XSESSION LAIN PADA BACKTRACK


Meskipun sekarang sudah ada Linux, tetapi bagi sebagian orang lebih nyaman memakai backtrack. Untuk itu saya post ini, disini saya pakai backtrack 5 versi gnome


1. install dulu nstall synaptic dengan terminal sudo apt-get install synaptic

2. install pket GDM >>di synaptic seacrh gnome-system-tools kalau sudah mark all atau centang gnome-system-tools

3. Buka login screen dengan cara >>> menu System -->> Administration -->> login screen

4. pilih adduser >>> form Creat New User

5. Sekarang sudah punya user baru, atur user tersebut agar memiliki hak akses administratif dengan memasukannya ke dalam group "sudo". Pilih user yang dikehendaki lalu tekan tombol "Manage Groups". Pada jendela "Groups settings" cari group bernama "sudo" lalu tekan tombol "Properties". Pada jendela "Group 'sudo' Properties" centang nama user untuk memasukkan user yang diinginkan ke dalam "Group Members" sudo, tekan "OK" lalau tutup semua jendela pengaturan user dan group.

6. buka terminal --> ketik gedit /etc/rc.local klo udah Sisipkan baris perintah "service gdm start" tepat di atas baris "exit 0"

service gdm start
exit 0

lalu save


Untuk mengganti background GDMnya masuk ke /usr/share/wallpapers <<< lalu set wallpapernya


Semoga Berguna
Share:

MENGHAPUS ATAU MENAMBAHKAN OS DENGAN EASYBCD


Boot dengan EasyBCD, Tutorial cara  menghapus atau menambahkan OS dengan EasyBCD

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai cara  menghapus atau menambahkan OS dengan EasyBCD. Berikut cara menghapus atau menambahkan OS ke daftar boot dengan EasyBCD : 

  1. Buka EasyBCD. Pada jendela EasyBCD klik tombol “Add/Remove Entries” yang berada pada sisi sebelah kanan jendela. Kemudian pada sisi kanan jendela, Anda akan melihat beberapa OS pada daftar boot. 
  2. Melalu jendela inilah Anda nantinya bisa menghapus atau menambah OS ke daftar boot Anda. Pada jendela ini Anda bisa melihat 2 buah bagian yaitu Manage Existing Entries dan Add Entry. Pada bagian pertama Anda bisa menghapus entry OS dan merubah urutan OS dari daftar boot. Pada bagian Add Entries, Anda bisa menambahkan OS ke dalam daftra boot. Berikut saya berikan tutorial dari masing-masing fungsi tersebut.

Menghapus OS dari daftar boot

Untuk menghapus OS dari daftar boot ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Masih pada jendela yang sama, pilih salah satu OS yang ingin Anda hapus pada daftar yang tersedia dengan mengkliknya. 
  2. Setelah itu klik tombol Delete yang berada dibagian atas. Setelah selesai, Kini coba restart komputer, Apakah OS yang telah di hapus masih kelihatan pada daftar boot? Pastinya OS tersebut tidak kelihatan lagi. 

Menambahkan OS ke daftar boot

Selain menghapus OS dari daftar boot, seperti yang saya sebutkan tadi, EasyBCD juga bisa menambahkan OS ke daftar boot. Misalkan Anda mengistall Ubuntu sebelum menginstall Windows 7 atau XP. Maka boot loader Windows 7 tidak akan mengenali Ubuntu. Untuk itu Anda harus menambahkan Ubuntu ke daftar boot. 

Untuk menambah OS ikuti langkah-langkah berikut: 
  1. Kembali lagi ke jendela EasyBCD pada bagian Add/Remove Entries. Di bawah Manage Existing Entries tadi bisa melihat Add Entris.
  2. Untuk menambahkan OS Linux dalam contoh ini saya memakai Ubuntu, klik tab Linux. Jika ingin menambahkan OS lain selain Linux, bisa mengklik masing-masing tab sesuai dengan jenis OS yang ingin di tambahkan. 
  3. Pada tab Linux ini, pilih Grub pada input Type. Kemudian berikan nama pada OS tersebut agar gampang dikenali melalui input Name. Misalnya Ubuntu 9.10. 
  4. Lalu pada Drive, pilih partisi yang sudah terinstall dengan Ubuntu. Dalam komputer saya, saya memilih Partition 2 (Linux Native 14GB). Kemudian klik tombol Add Entry. Setelah itu akan melihat Ubuntu telah berada pada daftar Manage Existing Entries. 
Sekarang restart komputer. Pada saat boot cobalah memilih OS yang di tambahkan tadi. Apakah bisa masuk ke OS tersebut? Jika ya berarti semuanya berjalan dengan baik. Jika tidak, coba periksa partisi yang dipilih tadi, mungkin terjadi salah pilih partisi. 

Sekian cara menambahkan OS kedalam daftar boot sekaligus cara menghapus OS dari daftar boot. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


Share:

.dateHeader/>

PENGERTIAN DAN CIRI CIRI PROTOKOL JARINGAN TCP/IP



Membahas mengenai protokol jaringan sangat banyak sekali jenisnya dan sudah saya tulis pada artikel sebelumnya dengan judul FUNGSI DAN JENIS-JENIS PROTOKOL JARINGAN, namun pada artikel ini saya akan membahas hanya tentang protokol TCP/IP. Mungkin kalian sudah tidak asing dengan nama protokol TCP/IP dan juga mungkin ada yang baru mendengar nama protokol TCP/IP maka untuk yang belum mengenal mengenai protokol tersebut saya akan membahasnya pada artikel ini dan bagi yang sudah pernah bahkan sering mendengar dan sudah mengetahui fungsinya tidak ada salahnya untuk hanya membaca artikel ini sebagai pengingat.


PENGERTIAN PROTOKOL TCP/IP


TCP/IP memiliki kepanjangan yaitu Transmission Control Protocol/Internetl dan pertama kali dikembangkan pada akhir decade 1970 an hingga awal 1980 an sebagai sebuah protokol standar untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN). TCP/IP tidak mampu berdiri sendiri karena merupakan gabungan dari beberapa protokol (Protocol Suite). Jenis protokol TCP/IP tergolong banyak digunakan pada jaringan dibandingkan jenis protokol lainnya. Fungsi dari TCP/IP adalah untuk standar bertukar data dari komputer satu ke komputer lainnya yang digunakan oleh pengguna internet atau jaringan. Protokol TCP/Ip bersifat routable yaitu dapat saling menghubungkan sistem-sistem berbeda seperti Microsoft Windows dan keluarga UNIX) untuk membentuk jaringan heterogen.


TCP/IP adalah protokol yang digunakan pada jaringan global karena memiliki sistem pengalamatan yang baik dan memiliki sistem pengecekan data. Protocol TCP/IP memiliki 2 versi yaitu IPv4 (32 bit) dan IPv6 (128 bit). Perkembangan protokol TCP/IP dilakukan oleh beberapa badan seperti ISOC (internet Society), IAB (Internet Architecture Board) dan IETF (Internet Engineering task Force).


Penulisan IP pada protokol TCP/IP menggunakan empat segmen yang dipisahkan oleh titik pada masing-masing segmen, setiap segmen mewakili 8 bit pada alamat IP. Setiap network adapter dapat memiliki lebih dari satu alamat IP namun sebuah alamat IP (IP Address) tidak boleh digunakan oleh dua atau beberapa network adapter. Pengaturan alokasi IP Address dilakukan oleh badan internasional bernama Internic.


Protokol Jaringan TCP/IP memiliki beberapa protokol sub yang menangani masalah komunikasi antar komputer. TCP/IP mengimplementasikan arsitektur berlapis yang terdiri atas empat lapis diantaranya :

1. Protokol Lapisan Aplikasi adalah lapisan yang bertanggung jawab terhadap penyediaan akses pada aplikasi layanan jaringan TCP/IP. Protokol yang bekerja dalam lapisan Aplikasi mencakup protokol DHCP, protokol DNS, protokol HTTP, protokol Telnet, protokol SMTP, protokol SNMP dan protokol lainnya. Dalam bebarapa implementasi stack protocol, lapisan ini juga berinteraksi dengan menggunakan antarmuka Windows Sockets (Winsock) atau NetBios over TCP/IP (NetBT).


2.  Protokol Lapisan Antar Host adalah lapisan yang berguna untuk membuat komunikasi menggunakan sesi koneksi yang bersifat connection oriented atau broadcast yang bersifat connectionless. Protokol yang bekerja dalam lapisan ini adalah TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protocol).

3. Protokol Lapisan Internet work adalah lapisan yang bertanggung ajwab untuk melakukan pemetaan (routing) dan enkapsulasi paket-paket data jaringan menjadi paket-paket IP. Protokol yang bekerja dalam lapisan ini adalah Internet protocol (IP), ARP (Address Resn Polutiorotocol), ICMP (Internet Control Message Protocol) dan IGMP (Internet Group Management Protocol).

4. Protokol Lapisan Antar muka Jaringan adalah lapisan yang bertanggung jawab untuk meletakkan frame-frame jaringan di atas media jaringan yang digunakan. TCP/IP dapat bekerja dengan banyak teknologi transport dalam LAN (seperti Ethernet dan Token Ring), MAN dan WAN (seperti Dial-up modem yang berjalan di atas Public Switched Telephone Network (PTSN), Integrated Service Digital Network (ISDN) dan Asynchronous Transfer Mode (ATM).


CIRI CIRI DARI PROTOKOL TCP/IP 

* Standar protokol TCP/IP dalam bentuk Request For Comment (RFC) dapat diambil oleh siapapun tanpa biaya. 
Tidak tergantung pada sistem operasi atau hardware tertentu. 
* Pengembangannya berdasarkan kensesus dan tidak bergantung pada vendor terntentu. 
* Dapat digunakan hampir disemua perangkat transmisi seperti Ethernet, token ring, jalur telepon dial-up dan jaringan X.25. 
* Pengalamatan bersifat unik dalam skala global sehingga komputer yang menggunakan TCP/IP dapat saling berhubungan walaupun jaringannya sangat luas. 
* Memiliki banyak layanan. 
* Bisa diterapkan pada internetwork karena memiliki fasilitas routing. 

LEMBAGA PENGATUR PROTOKOL

Dalam dunia internet tidak ada lembaga yang dapat mengatur jalannya internet secara umum namun untuk masalah protokol yang digunakan dalam internet ada lembaga khusus yang akan bertanggung jawab dalam mengatur, mengontrol dan melakukan standarisasi protokol. Lembaga tersebut adalah :

1. Internet Society merupakan lembaga yang bertugas untuk mendukung dan mempromosikan pertumbuhan internet sebagai sarana komunikasi untuk riset. Internet Society merupakan suatu lembaga yang tidak hanya mengurusi masalah teknis namun juga mengurusi masalah politik dan social kemasyarakatan.

2. Internet Architecture Board (IAB) merupakan badan penasihat teknis bagi internet society.IAB berwenang untuk menerbitkan dokumen standar internet (RFC: Request For Comment), mengatur angka-angka dan konstanta yang digunakan dalam protokol internet antara lain nomor port, TCP, kode protokol IP dan tipe hardware ARP.

3. Internet Engineering Task Force (IETF) merupakan badan yang berorientasi membentuk standar internet. IETF dibagi menjadi 9 kelompok kerja seperti kelompok kerja routing, aplikasi addressing, keamanan komputer dan lainnya. Namun ada lembaga lain yang berwenang untuk membuat usulan standar internet yaitu IEEE. Dalam IETF masing-masing kelompok kerja berhak membuat usulan standar internet yang nantinya akan diseleksi dan jika lolos seleksi akan menjadi standar internet yang akan ditetapkan oleh IAB.

4. Internet Research Task Force (IRTF) merupakan lembaga penelitian jangka panjang.

ISTILAH PADA PROTOKOL TCP/IP

Host atau end-system : pelanggan pada layanan jaringan komunikasi.Host pada umumnya berupa individual workstation atau Personal Computer (PC), sedangkan tugas dari host adalah menjalankan apliaksi dan program software server yang berfungsi sebagai user dan pelaksana layanan jaringan komunikasi.

Internet : Kumpulan dari jaringan (Network of Networks) yang menyeluruh dan menggunakan protokol TCP/IP untuk berhubungan dengan program lain seperti virtual networks.

Node : Standar atau aturan untuk mendefinisikan dan pengaturan transmisi data antara komputer.

Router : Device yang digunakan sebagai penghubung antara dua network atau lebih.

Sekian pembahasan pada artikel ini mengenai protokol TCP/IP, semoga ilmu yang saya tuangkan dalam artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi pembaca dalam mencari ilmu,pengetauan dan wawasan.



Share:

.dateHeader/>

PENGERTIAN, FUNGSI DAN CARA KERJA POST (POWER ON SELF TEST) PADA KOMPUTER

Pada artikel ini saya akan membahas mengenai pesan yang disampaikan oleh komputer. Pesan yang disampaikan komputer disebut dengan POST. Lalu apa POST tersebut ?, masih banyak yang tidak mengerti mengenai POST, maka pada artikel ini akan saya bahas mengenai POST komputer.

Pengertian POST


POST kepanjangan dari (Power On Self Test) adalah test yang dilakukan oleh komputer untuk mengecek fungsi - fungsi komponen atau hardware komputer apakah bekerja dengan baik atau tidak. POST dilakukan pada saat booting (awal dari computer menyala), jika komputer mengalami suatu masalah, maka akan terdeteksi gejala kesalahannya melalui POST berupa suara peringatan / pesan berupa bentuk suara yang dihasilkan melalui speaker atau tampilan di visual dimonitor.

Fungsi POST


Fungsi dari POST sendiri adalah melakukan pengecekan terhadap hardware komputer apakah bekerja dengan baik atau tidak, jika hardware komputer tersebut tidak bekerja dengan baik maka POST akan memberikan sinyal suara berupa beep atau pesan yang muncul pada monitor mengenai permasalahan yang terjadi. Dengan begitu dapat mengetahui masalah-masalah yang terdapat dalam computer ada kerusakan atau tidak adanya hardware yang terpasang, sehingga dapat dengan mudah menemukan Problem Solvingnya.

 
Cara Kerja POST


POST bejalan pada saat komputer dinyalakan dan mulai (booting), proses ini dilakukan oleh Bios. Adapun cara kerja POST sebagai berikut :

Test Power Supply ditandai dengan lampu power hidup dan kipas pendingin Power Supply berputar.

Secara otomatis dilakukan reset terhadap kerja CPU oleh sinyal power yang dihasilkan oleh power Supply jika dalam kondisi baik pada saat dihidupkan, kemudian CPU mulai melaksanakan intruksi awal pada ROM BIOS dan selanjutnya.

Pengecekan terhadap BIOS dan isinya. BIOS harus dapat dibaca. Intruksi awal ROM BIOS adalah jump (lompat) ke alamat Program POST.

Pengecekan terhadap CMOS, CMOS harus dapat bekerja dengan baik. Program POST diawali dengan membaca data setup (setting hardwere awal) pada RAM CMOS setup, sebagai data acuan untuk pengecekan.

Melakukan pengecekan CPU, timer (pewaktuan), kendali memory akses langsung, memory bus dan memory module.

Memory sebesar 16 KB harus tersedia dan dapat dibaca/ditulis untuk keperluan ROM BIOS dan menyimpan kode POST.

Pengecekan I/O controller dan bus controller. Controller tersebut harus dapat bekerja untuk mengontrol proses read/write data. Termasuk I/O untuk VGA card yang terhubung dengan monitor.

Jadi kesimpulanya bahwa POST adalah test yang dilakukan oleh komputer untuk mengecek fungsi - fungsi komponen pendukung. Semoga artikel yang saya tulis dapat bermanfaat dalam menambah ilmu dan wawasan.



Share:

CODING MENYIMPAN DAN MEMBERI NAMA FILE JPEG (MATLAB)


Pada artikel ini saya akan membahas mengenai koding untuk menyimpan file citra jpeg, sebenarnya tidak hanya format jpeg dan dapat untuk semua format dengan cara mengganti koding *.jpg dengan format lainnya atau menggunkaan koding *.* untuk semua format. Koding ini digunakan pada software matlab.

global frame

[nama_file_simpan, path_simpan]=uiputfile ({'*.jpg','JPEG Image (*.jpg)';},'Menyimpan Citra');


if isequal(nama_file_simpan,0) || isequal(path_simpan,0)

msgbox('Image is saved''Foto_Editor')

else

F=getframe(handles.axes2);

img=frame2im(F);

imwrite(img, fullfile(path_simpan,nama_file_simpan),'jpg');

end

axes(handles.axes2)



global frame

[nama_file_simpan, path_simpan]=uiputfile({'*.jpg','JPEG Image (*.jpg)';},'Menyimpan Citra');


Pada koding global frame menjelaskan initial frame yang digunakan bersifat global dan harus diletakan paling atas sebelum koding lainnya.


[nama_file_simpan, path_simpan]=uiputfile({'*.jpg','JPEG Image (*.jpg)';},'Menyimpan Citra');


Digunakan untuk mengambil file gambar dari axes dan akan disimpan pada media penyimpanan yang ditentukan atau direktori yang sudah ditentukan.Untuk koding [nama_file_simpan, path_simpan] dapat juga menggunakan koding [FileName, PathName].


if isequal(nama_file_simpan,0) || isequal(path_simpan,0)

msgbox('Image is saved', 'Foto_Editor')

end


Koding diatas digunakan untuk menampilkan pesan untuk mengedit kembali nama filenya jika tidak sesuai dengan format.


F=getframe(handles.axes2);

img=frame2im(F);

imwrite(img, fullfile(path_simpan,nama_file_simpan),'jpg');


Koding F=getframe(handles.axes2); digunakan untuk mengambil file dari axes2 (axes 2 adalah nama axes yang digunakan, ini tergantung dari masing-masing penggunaan bisa axes 1,2,3 dan seterusnya). 
imwrite(img,fullfile(path_simpan,nama_file_simpan) ,'jpg'); digunakan untuk menulis nama file dari img (img ini adalah file yang sudah d ambil dari axes2 tadi).


Semoga artikel yang saya tulis ini dapat digunakan untuk pedoman dalam membangun aplikasi menggunakan software matlab. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu dan wawasan yang dibutuhkan.


Share:

CODING MEMBUKA DAN MENAMPILKAN GAMBAR PADA MATLAB


Matlab merupakan salah satu software pemrograman berbasis matriks dan banyak digunakan dalam berbagai bidang. Pada artikel ini saya akan membahas mengenai koding yang digunakan untuk membuka gambar pada matlab.

Contoh koding membuka dan menampilkan gambar


[FileName,PathName]=uigetfile ('*.jpg','Buka Gambar');

im=imread ([PathName,FileName]);

handles.im = im;

guidata(hObject,handles);

axes(handles.axes1);

imshow(im);


[FileName,PathName] = uigetfile ('*.jpg','Buka Gambar');


Uigetfile berfungsi untuk mengambil atau membuka gambar dari penyimpanan atau direktori , ('*.jpg','Buka Gambar'); menjelaskan format file gambar yang digunakan berupa (*.jpg) namun juga bisa menggunakan format gambar lain selain jpg seperti ('*.jpg', ‘*.gif’, ‘*.png’ 'Buka Gambar'); atau menggunakan koding (*.*) untuk semua jenis format gambar.


im=imread ([PathName,FileName]);


im merupakan initial dari koding dan imread ([PathName,FileName]); merupaka koding untuk membaca file gambar dari direktori yang dipilih.


handles.im = im;

guidata(hObject,handles);

axes(handles.axes1);


Merupakan koding untuk menempatkan file yang diambil dari penyimpanan atau dari direktori dan akan ditampilkan dalam axes1 menggunakan GUI matlab.


imshow(im);


Menampilkan hasil foto yang diambil dari initial dan ditampilkan pada axes menggunakan koding diatas.  Atau jika ingin langsung menampilkan gambar tanpa menggunakan semua koding di atas cukup menuliskan koding “imshow (‘namafoto.formatfoto’); => imshow (‘cita.jpg’); dan foto dengan nama cita.jpg akan langsung muncul namun dengan syarat masih dalam satu direktori dengan folder program.


Diatas adalah salah satu koding sederhana untuk membuka dan menampilkan gambar pada software matlab, semoga artikel ini bermanfaat dalammenambah ilmu dan wawasan pembaca.


Share:

Iklan

Pengikut

Blog Archive