Teknologi Komputer dan Jaringan

.dateHeader/>

PERBEDAAN POWER SUPPLY UNIT ( PSU ) AT DAN ATX


Pengertian Power Supply unit (PSU), Fungsi Power Supply unit (PSU), Jenis Power Supply unit (PSU), Perbedaan power Supply ATX dan Power Supply AT, Efisiensi Power Supply unit (PSU).

Pada hari ini Saya kembali memposting artikel tentang Power Supply Unit (PSU). Pada paragraf dibawa akan dijelaskan tentang pengertian dan Jenis Power Supply Unut (PSU).

PENGERTIAN POWER SUPPLY

Power supply merupakan perangkat keras komputer (hardware). Yang mana power supply ini sangat berperan karena di dalam Power supply terdapat banyak kabel yang menghubungkan antara perangkat satu dengan perangkat lainnya. Power supply terletak di dalam casing bagian belakang.

Pengertian Power Supply unit (PSU), Fungsi Power Supply unit (PSU), Jenis Power Supply unit (PSU), Perbedaan power Supply ATX dan Power Supply AT, Efisiensi Power Supply unit (PSU).

FUNGSI POWER SUPPLY

Power Supply Unit (PSU) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai pensuplay daya pada komputer. Daya pada power supply dirubah dari bentuk arus listrik yang berlawanan atau AC, menjadi arus listrik yang searah atau biasa disebut sebagai arus DC. Arus listrik DC yang dihasilkan oleh Power supply dibutuhkan oleh perangkat keras computer seperti harddisk, kipas, motherboard dan lain-lain.

Fungsi lain dari Psu adalah sebagai stabilizer atau penstabil  aliran arus listrik. Ada 4 jenis fungsi yang berkaitan dengan stabilizer yaitu Over  Voltage Protection (OVP) untuk melindungi PSU dari tegangan berlebihan,  Over  Current  Protection (OCP)  untuk mencegah kerusakan yang disebabkan keluar masuknya tegangan yang berlebihan,  Over  Temperature Protection (OTP), Short  Sircuit Protection.

Power Supply memiliki konektor yang berbeda-beda yaitu Konektor 24 pin ATX, Konektor 20 pin AT, konektor floppy, konektor Molex, dan konektor SATA.


JENIS POWER SUPPLY

JENIS POWER SUPPLY ADA 2 YAITU Power Supply AT Dan Power Supply ATX. Power Supply AT memiliki jumlah pin 20 sedangkan Power Supply ATX memiliki jumlah pin 24. Power Supply AT adalah power supply type lama yang digunakan pada  komputer XT, komputer AT 286, komputer 386, komputer 486, sebagian komputer Pentium II dan sebagian  komputer Pentium III. Power Supply jenis ini mempunyai 2 konektor  yang akan dihubungkan ke motherboard. Pada power supply AT ini apabila menghidupkan pc harus menekan tombol on dan apabila mematikan pc harus menekan off. Sedangkan Power Supply ATX memiliki kemampuan yang dilengkapi dengan auto shutdown yang dapat mematikan Power Supply otomatis tanpa perlu menekan tombol  ketika Komputer dimatikan.


Pengertian Power Supply unit (PSU), Fungsi Power Supply unit (PSU), Jenis Power Supply unit (PSU), Perbedaan power Supply ATX dan Power Supply AT, Efisiensi Power Supply unit (PSU).

PERBEDAAN POWER SUPPLY AT DAN POWER SUPPLY ATX :

Power Supply ATX :

  • ketika shutdown otomatis CPU mati
  • Ada konnector tambahan power SATA (PSU terkini)
  • Daya lebih besar untuk memenuhi standar komputasi masa kini
  • pemasangan kabel lebih mudah di bandingkan dengan power supply AT.

 Power Supply AT :

  • Tombol on/off bersifat manual
  • Ketika Shutdown, untuk mematikan harus ditekan tombol
  • Kabel daya ke motherboard terdiri atas 2 x 6 pin
  • Daya rata-rata di bawah 250Watt

EFISIENSI POWER SUPPLY

Efisiensi adalah berapa daya yang diambil dari listrik rumah kita (AC) untuk mengeluarkan jumlah output di Power Supply (DC). Cara hitung efisiensi adalah jumlah daya yang dipakai PSU dibagi dengan persentase efisiensi, jika hitung:

Power Supply A 200 watt / 75% = 266W
Power Supply B 200 watt / 83% = 240W

Jadi kesimpulannya Power Supply B lebih hemat listrik, karena untuk output 200 watt daya listrik yang diambil dari rumah kita adalah 240 watt, dimana Power Supply A untuk output daya 200 watt membutuhkan daya 266 watt.

Semoga artikel yang saya tulis dapat bermanfaat dan menambah ilmu pembaca.
Share:

1 komentar:

Toko Komputer Online Terpercaya mengatakan...

Makasih ya untuk informasinya.
Sangat bermanfaat sekali.

Kunjungan balik ya ke postingan terbaru saya ya Cara Cepat Mengembalikan Laptop Seperti Baru dengan Fitur Restore Point atau Toko Komputer Jakarta

Iklan

Pengikut

Blog Archive