Teknologi Komputer dan Jaringan

.dateHeader/>

PENGERTIAN, FUNGSI DAN CARA KERJA POST (POWER ON SELF TEST) PADA KOMPUTER

Pada artikel ini saya akan membahas mengenai pesan yang disampaikan oleh komputer. Pesan yang disampaikan komputer disebut dengan POST. Lalu apa POST tersebut ?, masih banyak yang tidak mengerti mengenai POST, maka pada artikel ini akan saya bahas mengenai POST komputer.

Pengertian POST


POST kepanjangan dari (Power On Self Test) adalah test yang dilakukan oleh komputer untuk mengecek fungsi - fungsi komponen atau hardware komputer apakah bekerja dengan baik atau tidak. POST dilakukan pada saat booting (awal dari computer menyala), jika komputer mengalami suatu masalah, maka akan terdeteksi gejala kesalahannya melalui POST berupa suara peringatan / pesan berupa bentuk suara yang dihasilkan melalui speaker atau tampilan di visual dimonitor.

Fungsi POST


Fungsi dari POST sendiri adalah melakukan pengecekan terhadap hardware komputer apakah bekerja dengan baik atau tidak, jika hardware komputer tersebut tidak bekerja dengan baik maka POST akan memberikan sinyal suara berupa beep atau pesan yang muncul pada monitor mengenai permasalahan yang terjadi. Dengan begitu dapat mengetahui masalah-masalah yang terdapat dalam computer ada kerusakan atau tidak adanya hardware yang terpasang, sehingga dapat dengan mudah menemukan Problem Solvingnya.

 
Cara Kerja POST


POST bejalan pada saat komputer dinyalakan dan mulai (booting), proses ini dilakukan oleh Bios. Adapun cara kerja POST sebagai berikut :

Test Power Supply ditandai dengan lampu power hidup dan kipas pendingin Power Supply berputar.

Secara otomatis dilakukan reset terhadap kerja CPU oleh sinyal power yang dihasilkan oleh power Supply jika dalam kondisi baik pada saat dihidupkan, kemudian CPU mulai melaksanakan intruksi awal pada ROM BIOS dan selanjutnya.

Pengecekan terhadap BIOS dan isinya. BIOS harus dapat dibaca. Intruksi awal ROM BIOS adalah jump (lompat) ke alamat Program POST.

Pengecekan terhadap CMOS, CMOS harus dapat bekerja dengan baik. Program POST diawali dengan membaca data setup (setting hardwere awal) pada RAM CMOS setup, sebagai data acuan untuk pengecekan.

Melakukan pengecekan CPU, timer (pewaktuan), kendali memory akses langsung, memory bus dan memory module.

Memory sebesar 16 KB harus tersedia dan dapat dibaca/ditulis untuk keperluan ROM BIOS dan menyimpan kode POST.

Pengecekan I/O controller dan bus controller. Controller tersebut harus dapat bekerja untuk mengontrol proses read/write data. Termasuk I/O untuk VGA card yang terhubung dengan monitor.

Jadi kesimpulanya bahwa POST adalah test yang dilakukan oleh komputer untuk mengecek fungsi - fungsi komponen pendukung. Semoga artikel yang saya tulis dapat bermanfaat dalam menambah ilmu dan wawasan.



Share:

0 komentar:

Iklan

Pengikut

Blog Archive