Teknologi Komputer dan Jaringan

.dateHeader/>

PENGERTIAN DAN FUNGSI SWAP PADA LINUX

Pengertian swap pada linux, fungsi swap pada linux, logika penggunaan swap , kelebihan menggunakan swap.


Pada artikel di blog ini akan membahas mengenai pengertian dan fungsi swap pada Linux. Swap merupakan memory virtual yang berguna untuk membantu kinerja memori utama yaitu RAM. Banyak sekali artikel artikel yang sudah membahas mengenai pengertian dan fungsi swap, semoga artikel yang saya tulis dapat bermanfaat juga dalam menambahkan wawasan pembaca.

PENGERTIAN SWAP pada LINUX

Swap pada Linux adalah Ruang pada harddisk yang dijadikan sebagai memory bayangan (virtual Memory) dan digunakan untuk membantu menyimpan data sementara pada memori Utama (RAM) ketika komputer membutuhkan lebih banyak memory dan ruang penyimpanan (Space).

Pengertian swap pada linux, fungsi swap pada linux, logika penggunaan swap , kelebihan menggunakan swap.

FUNGSI SWAP pada LINUX

Fungsi utama dari swap adalah untuk membantu kerja memory Utama (RAM) sehingga kinerja dari komputer lebih cepat. Apabila space pada RAM sudah habis maka swap atau disebut juga Virtual Memory dibutuhkan untuk membantu RAM dalam menyimpan data sementara atau dalam kata lain sebagian data data dari RAM akan ditransfer ke swap. Kapasitas Swap adalah 2 kali lipat dari kapasitas RAM, sebagai contoh jika kapasitas dari RAM sebesar 1 GB maka kapasitas dari swap pada Linux adalah 2 GB dan jika kapasitas RAM 2 GB maka kapasitas dari swap sebesar 4 GB begitu juga seterusnya.

Pengertian swap pada linux, fungsi swap pada linux, logika penggunaan swap , kelebihan menggunakan swap.

Swap dapat dikatakan sangat penting sehingga ketika melakukan penginstalan pada operating system Linux minimal membuat 2 partisi yaitu satu partisi penyimpanan (/) dan satu lagi swap.

Logika penggunaan Swap :

Jika sebuah computer membuka 3 aplikasi seperti software matlab, Corel draw dan Chrome dengan penggunaan memory utama (RAM) sebesar 1,2 GB tetapi kapasitas dari RAM sendiri hanya sebesar 1 GB maka swap akan berperan dengan membantu kinerja RAM dengan mentransfer sebagian data-data kepada swap.

Bagaimana jika kapasitas RAM diatas 8 GB ??

Jika memiliki RAM yang besar seperti 8 GB dan akan dswap sebesar 16 GB maka akan disayangkan karena membuang kapasitas harddisk, namun jika melihat kalau ukuran swap 2 kali ukuran RAM itu sebenarnya tidaklah mengikat tergantung kebutuhan dari komputer dan hanya direkomendasikan untuk RAM yang memiliki kapasitas kecil seperti RAM dengan ukuran 512 Kb, RAM 1 GB, RAM 2 GB dll.

KELEBIHAN MENGGUNAKAN SWAP

Kelebihan dari swap sendiri adalah hanya membutuhkan satu partisi saja meskipun dalam satu computer akan mengisntal beberapa operating system Linux, sebagai contoh dalam satu computer memiliki dual boot yaitu Debian dan Ubuntu maka hanya membutuhkan satu partisi swap saja dan yang kedua hanya swap file, swap file dibuat menyatu dengan file system. Kelebihan lain dari swap adalah ukurannya yang flexible atau dapat diubah-ubah. (untuk yang suka melakukan perubahan ukuran swap memakai swap file namun dengan kekurangan hanya akan terbaca pada sytem yang terinstal sebagai contoh swap file terletak pada Debian maka pada system Ubuntu tidak akan terbaca).

Kesimpulannya penggunaan Swap sendiri tidak diwajibkan namun cukup dianjurkan dan sesuai kebutuhan.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan pembaca.


Share:

1 komentar:

Iklan

Pengikut

Blog Archive