Teknologi Komputer dan Jaringan

.dateHeader/>

JENIS-JENIS FILE SYSTEM PADA LINUX SERTA KELEBIHAN DAN KELEMAHANNYA

Pada artikel sebelumnya saya membahas mengenai file system pada windows maka pada artikel ini saya akan membahas mengenai file system pada Linux.

JENIS FILE  SYSTEM LINUX

File System adalah suatu cara atau metode dalam melakukan penyimpanan dan mengolah file dan data didalamnya agar dapat mudah dicari dan diakses.

EXT 2 (2ND EXTENDED)

Pada artikel sebelumnya saya membahas mengenai file system pada windows maka pada artikel ini saya akan membahas mengenai file system pada Linux.
Merupakan file system yang paling tua dan dikenalkan pada tahun 1993.  Ext 2 adalah file system yang paling ampuh di linux dan menjadi dasar dari segala distribusi linux dan system penyimpanan file nya berupa data blok. Setiap blok mempunyai panjang data yang sama dan jika memiliki panjang yang berebeda maka besar blok tersebut ditentukan pada saat file system dibuat dengan mk2fs, contohnya jika besar blok adalah 1024 bytes, maka file dengan besar 1025 bytes akan memakai 2 blok. 

Kelebihan :

Mendukung beberapa tipe file standar UNIX
Mampu mengatur file – file system yang dibuat dalam partisi besar
Dapat menghasilkan nama file dan directory yang panjang (max 255 karakter)

Kekurangan :

Memerlukan beberapa blok untuk root
Jika melakukan recovery akan memakan waktu yang lama karena belum mendukung Journaling File System.

EXT 3 (3rd Extended)

Ext 3 merupakan File system peningkatan dari yang lama yaitu Ext 2. Ext 3 memiliki beberapa kelebihan yaitu :
Journaling : Dengan adannya fasilitas journaling maka waktu recovery pada shutdown mendadak tidak akan lama seperti Ext 2 dan dari fasilitas Journaling memiliki kelemahan yaitu membutuhkan memori yang lebih besar dan juga memperlambat operasi I/O.
Integritas Data : Ext 3 menjamin adanya integritas data setelah terjadi keruskan atau unclean shut down dan Ext 3 memungkinkan kita memilih jenis dan tipe proteksi data.
Kecepatan : Ext 3 mampu malakukan penulisan data lebi dari sekali dan lebih cepat hal ini dikarenakan Ext 3 memiliki throughput yang lebih besar dari pada Ext 2  dan Ext 3 juga memaksimalkan pergerakan head jurnal mode untuk memaksimalkan kecepatan tetapi kelemahannya integritas data tidak terjamin.
Migrasi : Pada Ext 3 dapat melakukan migrasi dengan mudari dari file system Ext 2 ke Ext 3 tanpa harus melakukan format ulang.

EXT 4 (4th Extended)

Ext 4 merupakan peningkatan dari file system Ext 3 yang dirilis secara lengkap dan stabil mulai dari kernel 2.6.28, dimana jika distro yang dimiliki secara default memiliki versi kernel 2.6.28 atau di atasnya maka otomatis system sudah support dengan file system Ext 4 dengan syarat sudah di include kedalam kernelnya dan juga pada versi e2fsprogs harus menggunakan versi 1.41.5 atau lebih.

Kelebihan dari Ex4 adalah mempunyai pengalamatan 48 bit block yang artinya memiliki 1EB = 1,048,576 TB ukuran maksimum file system dengan 16 TB dengan size maksimum file sistem, Fast fsck, Journal check summing dan Defragmentation support.

JSF (Journalis File System)

JSF merupakan system file pertama yang menawarkan Journaling. Sebelum digunakan pada GNU/Linux JSF digunakan dalam IBM AIX OS dalam beberapa tahun. JSF memiliki kelebihan yaitu dalam penggunaan sumber daya CPU hanya sedikit disbanding jenis file system lainnya, JSF juga memiliki kecepatan dalam memformat, mounting, fsck dan memiliki kinerja yang baik terutama berkaitan dengan deadline I/O scheduler. Kelemahan JSF adalah dukungan terhadap JSF tidak seluas file system lain seperti file system Ext ataupun raiser FS.

REISER FS

Raiser FS adalah file system yang diciptakan berdasarkan balance tree yang kinejanya cepat dan unggul dan memiliki algoritma yang lebih rumit. File system Reiser dalam memiliki kelebihan dalam memanfaatkan ruang disk sehingga dapat menghemat ruang sampai 6%. Sedangkan kelemahan file system Reiser FS adalah tidak memiliki pengalokasian yang tetap untuk inode.

SWAP

Swap adalah jenis file system namun tidak digunakan untuk menyimpan data melainkan digunakan sebagai virtual memori. Virtual Memori berfungsi untuk membantu kinerja mmeori dan juga digunakan pada windows dengan nama page file tetapi kalau swap ditaruh pada partisi yang berbeda dengan system seperti membuat 2 partisi pada disk yang satu sebagai system dan yang satu sebagai swep.

Semoga artikel yang sayatulis dapat menambah teori dan wawasan bagi pembaca.
Share:

0 komentar:

Iklan

Pengikut

Blog Archive