Teknologi Komputer dan Jaringan

.dateHeader/>

PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS I/O PORT PADA KOMPUTER

Pengertian I/O Port adalah , Jenis-Jenis I/O Port.


Sebenarnya pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai ( Input/Otput)  I/O  Port namun sebelum membahasnya saya akan menguraikan sedikit tentang Input/Output itu sendiri yang kaan saya tulis pada paragraph dibawah.

Input / Output (I/O) adalah masukan atau keluaran bagian dari system microprocessor yang digunakan oleh microprocessor untuk terhubung dengan perangkat luar.

Input adalah unit luar yangh digunakan untuk memasukan data dari luar ke dalam microprocessor , contoh unit input seperti keyboard dan mouse. Sementara output adalah unit luar yang digunakan untuk menampilkan data yang dikirim oleh processor, contoh unit output adalah monitor dan printer.

Pengertian I/O Port adalah sebuah port atau tempat dipasangna conector I/O yang setiap portnya dibawah control processor. Port I/O sering kali dijumpai pada perangkat motherboard yang siap dihubungkan ke hardware lain.

 JENIS-JENIS  I/O PORT


 Pengertian I/O Port adalah , Jenis-Jenis I/O Port.

Port Parallel 

Jenis Port yang mempunyai kemampuan transfer data denag dengan kecepatan standard parallel port 200 kbps. Port Parallel dapat digunakan untuk menghubungkan Printer dan Scanner.

 Port Serial (COM1 dan COM2)


Yaitu jenis port yang mempunyai kemampuan transfer data dengan kecepatan lebih rendah disbanding jenis port parallel. Pada Port serial COM 1 memiliki 9 pin dan pada port serial COM2 memiliki 25 pin.

Port PS2


Jenis Port yang digunakan untuk menghubungkan keyboard dan mouse.

 Port USB


Port USB (Universal Serial Bus) adalah port serial universal bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh penggunaan USB port adalah flasdissk, colling pad usb dll.

Port VGA


Port VGA adalah port yang langsung berhubungan denagn monitor. Port VGA terdapat 2 jenis yaitu onboard dengan motherboard dan melalui pamasangan VGA Card.

 Port AUDIO


Port yang digunakan untuk pemasangan mic, headphone dan perangkat lain yang diberhubungan denagn audio.

Port LAN


Digunakan untuk pemasangan kabel jaringan. Contoh kabel straight dimana connector RJ 45 dihubungkan dengan Port LAN.

Semoga artikel yang saya tulis dapat membantu pembaca menambah ilmu dan wawasan.

Share:

1 komentar:

Toko Komputer Online Terpercaya mengatakan...

Makasih udah sharing.
Jika berkenan ditunggu kunjungan baliknya ke Web saya : Agres.ID atau cek di sini https://linktr.ee/agres

Iklan

Pengikut

Blog Archive