Teknologi Komputer dan Jaringan

.dateHeader/>

FUNGSI L1 , L2 DAN L3 PADA MEMORI CACHE

Pengertian Memori Cache adalah, Fungsi Memori Cache adalah, Cara Kerja Memori Cache adalah, Level Memori Cache adalah, Struktur Memori Cache adalah.



Pengertian Cache Memori - Cache berasal dari kata cash yang diartikan tempat penyembunyian atau tempat penyimpanan sementara. Pengertian  Cache Memory atau memori Cache adalah tempat yang digunakan untuk menyembunyikan atau menyimpan data sementara. Cara ini dimaksudkan untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut, sehingga apabila ada data yang ingin diakses akan dapat diproses lebih cepat.

Memori Cache  memiliki ukuran kecil dan bersifat Temporary ( sementara). Memori Cache  memiliki kecepatan yang tinggi. Memori Cache  menjembatani aliran data antara Processor dan Memory utama (RAM ) yang memiliki kecepatan lebih rendah dari memori Cache.

Fungsi Cache Memori - Cache Memori berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara atau intruksi yang diperlukan oleh processor sehingga mempercepat akses data pada komputer karena adanya data yang telah diakses terdahulu telah disimpan oleh suatu buffer sehingga meringankan kinerja processor. Fungsi lain Cache Memori adalah :
  • Mempercepat akses data pada computer
  • Meringankan kerja processor
  • Menjembatani perbedaan kecepatan antara Processor (CPU) dan Memory utama (RAM).
  • Mempercepat kinerja memory

CARA KERJA MEMORI CACHE

  • Jika Processor membutuhkan suatu data langkah
  • Processor akan mencari data pada cache jika data ditemukan maka processor akan langsung membaca data dan memerlukan delay yang sangat kecil
  • Jika data tidak ditemukan oleh processor maka processor akan mencari pada RAM yang kecepatannya lebih rendah dari processor. Pada kondisi ini cache akan menyediakan data yang dicari oleh Processor sehingga kinerja RAM yang lambat akan dikurangi dan juga membantu kinerja processor menjadi lebih efisien.

LEVEL MEMORI CACHE


Pengertian Memori Cache adalah, Fungsi Memori Cache adalah, Cara Kerja Memori Cache adalah, Level Memori Cache adalah, Struktur Memori Cache adalah.

Memori Cache memiliki 3 level yaitu L1, L2 dan L3 yang akan saya bahas pada paragraf dibawah.
  • Memori Cache Level 1 (L1) adalah Memori Cache yang terletak didalam processor (Internal Cache). L1 Cache memiliki kecepatan akses yang tinggi (mendekati kecepatan register) dan harganya juga terbilang mahal. L1 cache kecepatannya dikunci dengan kecepatan processor agar kecepatannya sama.  L1 cache memiliki ukuran memori yaitu 8 kb, 64 kb dan 128 kb.  L1 cache berfungsi untuk menyimpan data sementara dan ketika computer dimatikan maka data akan hilang dan L1 cache berfungsi untuk memastikan bahwa processor memiliki supply data yang stabil untuk diproses sementara memori mengambil dan menyimpan data baru.  Letak L1 cache yaitu terintegrasi dengan chip processor ( berada dalam keeping processor.
  • Memori Cache Level 2 (L2) atau yang dikenal dengan nama secondary cache adalah Memory Cache yang terletak terpisah dengan processor (Eksternal Cache).  L2 cache memiliki kecepatan yang lebih rendah disbanding dengan L1 cache namun L2 Cache memiliki kapasitas memori yang lebih besar dari pada L1 cache  yaitu berkisar antara 256 kb – 2 MB. Letak L2 cache yaitu ada yang meyatu dengan processor da nada yang terletak diluar processoryaitu berada di motherboard dekat dengan posisi dudukan processor.
  • Memori Cache Level 3 (L3) adalah Memory Cache yang hanya dimiliki oleh processor yang memiliki unit lebih dari satu misalnya processor dualcore atau quadcore. Fungsi L3 Ccahe adalah untuk mengontrol data yang masuk dari L2 cache yang masuk dari masing-masing inti processor. L3 Processor sering  diistilahkan L2 Advanced Transfer cache. Letak L3 cache belum diimplementasikan secara umum hanya terletak pada processor tingkat atas dengan processor multi unit.

Memori cache yang letaknya terpisah dengan processor disebut memori cache nonn integrated atau diskrit (putus atau terpisah). Memori cache yang letaknya meyatu dengan processor disebut memori cache integrated (bersatu,menyatu atau tergabung), on chip (ada pada chip)  atau on-die.

LETAK CACHE MEMORI

1.    Terdapat didalam Processor (On-Chip)
Cache memori diletakan di dalam processor sehingga tidak memerlukan bus eksternal maka waktu aksesnya akan sangat cepat.
2.    Terdapat diluar processor (Off-Chip)
Berada pada Motherboard, memori jenis ini kecepatan aksesnya sangat cepat meskipun tidak secepat memori cache jenis On-Chip.

PRIORITAS PENYIMPANAN DAN PENGAMBILAN DATA

Data akan diproses oleh processor langkah pertama yang dicari adalah di L1 cache, bila data tidak ditemukan maka akan diambil dari L2 cache kemudian dicari lagi ke L3 cache (bila ada), jika tetap tidak ada maka akan dicari di memori utama. Pengambilan data pada L2 cache akan dilakukan jika L1 cache tidak ada.

STRUKTUR SYSTEM CACHE

Memori Utama terdiri dari 2n word beralamat dengan masing-masing word mempunyai n-bitalamat yang unik. Untuk pemetaan memori memiliki sejumlah blok yang mempunyai panjang K word masing-masing bloknya. Dengan demikian M = 2n/K blok. Cache terdiri dari beberapa baris yang mengandung word dan banyaknya baris jauh lebih sedikit disbanding dengan banyaknya blok memori utama. Jika sebuah word didalam blok memori dibaca blok itu akan ditransfer ke salah satu baris cache karena terdapat lebih banyak blok bila disbanding dengan banyak baris maka setiap baris tidak dapat menyimpan permanen . Tag merupakan bagian dari alamat memori utama.

Demikian pembahasan materi dari postingan saya semoga banyak membantu dan menambah ilmu pada artikel yang sudah saya tulis.
Share:

0 komentar:

Iklan

Pengikut

Blog Archive