Teknologi Komputer dan Jaringan

.dateHeader/>

JENIS MEDIA TRANSMISI JARINGAN WIRELESS DAN CARA KERJANYA

MEDIA TRANSMISI JARINGAN WIRELESS
Media Transmisi pada suatu jaringan sangatlah penting karena media transmisi tersebut sebagai tempat atau media yang dilalui sebuah data ketika terjadi proses pengiriman data. Pada postingan kali ini akan membahas tentang media Transmisi jaringan Wireless, media transmisi bukan hanya media transmisi jaringan kabel namun juga terdapat media transmisi jaringan wireless yang digunakan bukan media fisik berupa kabel melainkan gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik dapat merambat di ruang hampa dan tidak memerlukan media.

Jenis Media Transmisi Jaringan Wireless adalah?

JENIS MEDIA TRANSMISI JARINGAN WIRELESS

Gelombang Mikro (Microwave)
Jenis Media Transmisi Jaringan Wireless Gelombang mikro adalah Gelombang Elektromagnetik yang memiliki jenis media  transmisi radio gelombang pendek, panjang Gelombang Mikro memiliki panjang gelombang 1 mm - 1m dan memiliki frekuensi 300 Mhz - 300 Ghz . Gelombang Mikro memiliki frekuensi super tinggi (Super High Frequency, SHF), yaitu di atas 3 GHz (3×109 Hz).  Karena Transmisi  gelombang mikro  memiliki  jangkauan  yang  pendek,  sehingga  jika  digunakan  dalam hubungan  jarak  jauh,  diperlukan  banyak  stasiun  repeater  (pengulang). 

Sistem Satelit

Jenis Media Transmisi Jaringan Wireless Sistem Satelit adalah suatu Station Relay atau Repeater gelombang microwave yang diorbitkan di angkasa, berfungsi untuk menerima, memperkuat atau mengulangi sinyal radio dengan bidang frekuensi tertentu dari bumi setelah diperkuat dan diubah ke bidang frekuensi yang berbeda. Satelit memerlukan orbit Geo-stationary, tinggi 35,784 km. Selain itu ada juga yang menggunakan orbit Geosynchronus, sebagaimana yang digunakan oleh satelit Intelsat dan Palapa.
Satelit berfungsi seperti antena dan repeater yang sangat tinggi. Sebagai repeater, berfungsi untuk menerima signal gelombang microwave dari stasiun bumi, ditranslasikan frequensinya, kemudian diperkuat untuk dipancarkan kembali ke arah bumi sesuai dengan coveragenya, seperti lokasi stasiun tujuan atau penerima.

Gelombang  Radio 

Jenis Media Transmisi Jaringan Wireless Gelombang radio adalah gelombang yang memiliki jangkauan frekuensi yang cukup luas dan biasanya dihasilkan oleh rangkaian isolator dalam alat-alat elektronika. Spektrum gelombang radio dipisahkan dalam pita-pita frekuensi atau panjang gelombang.
Media transmisi sistem telekomunikasi bergerak dengan sistem seluler digital, ada dua macam, yaitu  GSM  non-seluler  yang  memiliki  cakupan  daerah  cukup  luas  dengan dilengkapi  antena  sebagai  pemancar  dan  penguat  sinyal  serta  GSM  seluler yang  dilengkapi  sebuah  sistem  tower  pengirim  dan  penerima  yang  disebut Base  Transceiver  Station (BTS).

Sinar Infra Merah

Jenis Media Transmisi Jaringan Wireless Sinar  infra  merah  merupakan  salah  satu  contoh  media  transmisi  jarak  dekat. Teknologi  ini  memiliki sifat line of  sight,  sehingga  jika  terhalang,  maka  aliran data dan  informasi  akan  terhenti, serta mudah terinterferensi  oleh sinar matahari.  Teknologi  sinar  infra  merah  biasanya  dipakai  untuk  komunikasi skala  kecil,  terutama  untuk  jaringan  komputer  lokal  dalam  satu  ruang.  Media transmisi ini  banyak  digunakan  dalam  penelitian  untuk  melakukan  uji  coba  perangkat wireless, misalnya remote  control televisi.

Bluetooth

Jenis Media Transmisi Jaringan Wireless Bluetooth adalah sebuah teknologi komunikasi wireless (tanpa kabel) yang beroperasi dalam pita frekuensi 2.4 Ghz unlicensed ISM (industrial,scientfic dan medical) dengan menggunakan sebuah frequency hopping tranceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas (sekitar 10 meter).Bluetooth dapat berupa card yang bentuk dan fungsinya hampir sama dengan card yang digunakan untuk wireless local area network (WLAN) dimana menggunakan frekuensi radio standar IEEE 802.11.

Demikian pembahasan singkat mengenai Jenis Media Transmisi Jaringan Wireless.
Share:

0 komentar:

Iklan

Pengikut

Blog Archive