Teknologi Komputer dan Jaringan

.dateHeader/>

JENIS JARINGAN WIRELESS

Di Era teknologi seperti sekarang ilmu yang bersangkutan selalu berkembang apalagi bila berhubungan dengan jaringan dan internet. Pada pembahasan ini admin akan membahas tentang Jaringan Wireless atau Jaringan Nirkabel. 


Jaringan Wireless – Jaringan Wireless adalah jaringan Komputer dan sejenisnya yang bekerja tanpa menggunakan kabel (Nirkabel) dengan memanfaatkan gelombang elektromagnetik. Karena menggunakan gelombang radio sebagai media transmisi datanya, maka komponen wireless yang akan Anda gunakan harus memiliki standart frekuensi yang sama. Sehingga walaupun berbeda vendor pembuatnya komponen wireless tersebut tetap dapat berkomunikasi asalkan menggunakan standar frekuensi yang sama. Standarisasi Jaringan Wireless didefinisikan oleh IEEE (institute of Electrical and Electronics Engineers). 

Jaringan Wireless bekerja pada jarak jauh dengan memanfaatkan alat pemancar seperti Bluetooth dengan jarak maximal 5 meter dan Jaringan Wireless yang bekerja pada jarak jauh dengan memanfaatkan Satelit atau gelombang elektromagnetik. Jaringan Wireless selalu berhubungan dengan Sistem Informasi, Teknik telekomunikasi dan Teknik Komputer dan jaringan. 

Jenis Jaringan Wireless :


Wireless Wide Area Network ( WWAN) 

Wireless Wide Area Network (WWAN) adalah jenis jaringan Wireless yang mencakup daerah yang luas seperti kota atau negara. Penggunaan WWAN ini melalui beberapa satelit atau antena. 

Contoh : Menghubungkan kantor pusat dan cabang antar provinsi. 
Wireless Metropolitan Area Network (WMAN) 

Teknologi WMAN memungkinakan pengguna untuk membuat Jaringan Wireless antara beberapa lokasi di dalam Jaringan Wireless antara beberapa lokasi di dalam suatu kota atau pada kampus/universitas atau Jaringan yang menghubungkan beberapa jaringan WLAN. WMAN dapat bertindak sebagai backup bagi jaringan jaringan berbasis kabel dan dia akan aktif ketika jaringan yang berbasis kabel mengalami gangguan. WMAN menggunakan gelombang radio. 

Contoh : 

Teknologi WMAN adalah WiMAX


Wireless Local Area Network (WLAN) 

Wireless Local Area Network (WLAN) merupakan teknologi jaringan Wireless yang mencakup satu area yang sifatnya local, seperti dalam satu gedung.

Wireless Personal Area Nework (WPAN) 

Wireless Personal Area Network (WPAN) merupakan teknologi jaringan Wireless hanya dapat menjangkau area yang dekat. Contoh : Bluetooth dan infrared. 

Artikel Di atas dijelaskan secara singkat mengenai Jaringan Wireless, Jaringan Wireless adalah, Jenis Jaringan Wireless.
Share:

0 komentar:

Iklan

Pengikut

Blog Archive