Teknologi Komputer dan Jaringan

.dateHeader/>

PERBEDAAN OPERATING SYSTEM WINDOWS 32 BIT DAN 64 BIT SERTA KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA

Apa Berbedaan Dari Operating System Windows 32 Bit Dan 64 Bit ?, Sistem 32 Bit Dan 64 Bit Dari Segi Ram, Sistem 32 Bit Dan 64 Bit Dari Segi Proses Data, Istilah Bit Pada Sistem 32 Bit Dan 64 Bit, Kelebihan Dan Kekurangan Operating System 32 Bit Dan 64 Bit.


Seiring perkembangan zaman dan Teknologi semakin banyak pula system operasi atau operating system yang berkembang namun pada artikel ini saya tidak akan membahas perkembangan dan jenis Operating system windows namun saya akan membahas tentang tipe operating system windows yaitu berbasis 32 bit dan 64 bit.

APA BERBEDAAN DARI OPERATING SYSTEM WINDOWS 32 BIT DAN 64 BIT ?

Istilah Windows yang berbasis 32 bit atau biasa disebut (x86) dan 64 bit sebenarnya lebih mengacu pada kemampuan dari CPU atau processor yang digunakan dalam menangani informasi dan untuk mengoptimalkan penggunaan RAM.

Apa Berbedaan Dari Operating System Windows 32 Bit Dan 64 Bit ?, Sistem 32 Bit Dan 64 Bit Dari Segi Ram, Sistem 32 Bit Dan 64 Bit Dari Segi Proses Data, Istilah Bit Pada Sistem 32 Bit Dan 64 Bit, Kelebihan Dan Kekurangan Operating System 32 Bit Dan 64 Bit.

Sistem 32 bit dan 64 bit dari segi RAM:

Pada windows yang memiliki basis 64 bit lebih baik dari pada 32 bit yang digunakan untuk pekerjaan atau game berat yang membutuhkan aplikasi dengan performa dan RAM besar seperti Desain Grafis, IT programming, gamers dan lainnya.

Windows  64 bit sendiri dapat menangani jumlah RAM yang lebih besar serta akan efektif dari pada Windows  32 bit. Dasarnya sistem operasi 64 bit akan jauh lebih unggul dari pada sistem operasi 32 bit maka perbedaan mendasar dari windows 32 bit dan 64 bit terletak pada jumlah informasi yang dapat diatasi oleh processor.

Penggunaan windows 64 bit juga membutuhkan CPU 64 bit dengan performa yang tinggi sehingga dapat mengoptimalkan RAM yang memiliki kapasitas besar dan pastika akan lebih efisien dari pada memakai OS 32 bit. Untuk Windows 64 bit sendiri dapat lebih responsive ketika menjalankan aplikasi pada waktu yang sama dan beralih dari satu aplikasi ke aplikasi yang lainya dengan mudah tanpa masalah dengan syarat kondisi RAM nya juga kuat, sedangkan untuk windows 32 bit hanya mampu bekerja dengan mengoptimalkan RAM maksimal 4 GB walaupun dalam komputer RAM yang digunakan lebih dari 4 GB maka RAM yang terbaca tetap 4 GB dan pada DIIM per slot hanya dibatasi maksimal 2 GB berbeda dengan Windows 64 bit yang mampu mengoptimalkan RAM hingga 17 GB.

Sistem 32 bit dan 64 bit dari segi Proses Data :

Pada windows 32-bit data yang dapat diproses sebesar 64 komputasi dalam sekali siklus pemrosesan, sedangkan pada windows 64-bit data yang dapat diproses jauh lebih banyak, yaitu sebesar 256 komputasi dalam sekali siklus pemrosesan, sebuah proses memerlukan nilai komputasi sebesar 128 bit. Dengan prosesor 32-bit, proses tersebut akan diselesaikan dengan dua kali putaran mengingat prosesor 32-bit bisa menampung 64 nilai komputasi. Sedangkan dengan prosesor 64-bit proses itu bisa diselesaikan hanya dengan satu kali putaran, karena prosesor 64-bit bisa menampung 256 nilai komputasi, Sehingga pada CPU yang memiliki basis 64-bit dapat mengendalikan perintah pemrosesan lebih banyak daripada processor 32-bit. Selain itu, pada processor 64 bit juga telah dilengkapi dengan fitur PatchGuard yang berfungsi untuk mencegah adanya malware yang berusaha ingin mengubah kernel.

ISTILAH BIT PADA OPERATING SYSTEM WINDOWS 32 BIT DAN 64 BIT

Jumlah bit dalam suatu processor menunjukkan ukuran data yang dapat dikendalikan oleh processor. Jadi, 1 bit terdiri dari dua nilai komputasi yaitu 1 dan 0 atau yang disebut bilangan biner.

Kata "bit" sendiri memiliki pengertian yaitu cara komputer dapat mengolah informasi dalam bentuk kode binary (biner),  dimana keseluruhan data dapat dikenali sebagai serangkaian angka yang terdiri dari 0 dan 1, angka tersebut dihitung sebagai satuan bit per satu digit, jadi pada processor 32 bit dapat memproses 32 digit sekaligus dalam sekali proses.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN OPERATING SYSTEM WINDOWS 32 BIT DAN 64 BIT

Kelebihan Operating System 32 Bit:

  • Dapat menjalankan aplikasi lawas dengan basis 16 bit seperti komputer versi jadul.
  • Lebih kompatible ketika digunakan pada driver lama yang akan cocok untuk komputer dengan RAM kurang dari 4GB dan laptop serta notebook versi lama.
  • Lebih optimal ketika digunakan untuk RAM berkapasitas 2Gb.

Kekurangan Operating System 32 Bit:

  • Penggunaan RAM terbatas, tidak lebih dari 4GB.
  • Tidak dapat menjalankan program basis 64 bit.
  • Tidak bisa menajalankan aplikasi dan game berat yang membutuhkan spesifikasi besar.

Kelebihan Operating System 64 Bit:

  • Sangat direkomendasikan untuk menjalankan aplikasi dan game berat serta program terbaru.
  • Dapat memaksimalkan penggunaan RAM.
  • Bisa menjalankan aplikasi yang dibuat dengan arsitektur 32-bit maupun 64-bit 
  • Performa prosesor 64-bit jauh lebih baik dibandingkan prosesor 32-bit, prosesor 32-bit bisa menampung 64 nilai komputasi. Sedangkan dengan prosesor 64-bit proses itu bisa diselesaikan hanya dengan satu kali putaran, karena prosesor 64-bit bisa menampung 256 nilai komputasi.

Kekurangan Operating System 64 Bit:

  • Tidak direkomendasikan untuk komputer lama.
  • Harus memiliki spesifikasi pc yang tinggi.
  • Minimalnya software atau aplikasi yang berbasis 64 bit.
  • Dukungan driver pada processor 64-bit yang juga masih sedikit, khususnya untuk hardware versi lama.

Semoga artikel yang saya tulis dapat menambah ilmu dan pengetahuan pembaca mengenai teknologi. 
Share:

0 komentar:

Iklan

Pengikut

Blog Archive