Teknologi Komputer dan Jaringan

.dateHeader/>

10 PERANGKAT KERAS KOMPUTER DAN FUNGSINYA


10 Komponen Komputer, Fungsi 10 Komponen Komputer, Pengertian Perangkat keras Komputer, Pengertian Komponen komputer, 10 perangkat Komputer.


Apakah anda sedang mencari pengertian dan yang termasuk dari Perangkat keras komputer atau komponen komputer ? Maka pada artikel ini sudah tepat untuk anda baca, memahami dan menyerap ilmu yang sudah saya tulis. Sebelum memasuki paragraf yang membahas pengertian Perangkat keras komputer atau komponen komputer dan 10 Perangkat Keras Komputer beserta fungsi dan cara kerjanya maka saya akan membahas pengertian dari komputer terlebih dahulu. Pengertian komputer adalah suatu proses input dan output data atau perintah dan pengolah data yang berfungsi membantu kerja user..

Setelah saya membahas tentang pengertian komputer maka saya akan melanjutkan ketahap selanjutnya yaitu membahas tentang Pengertian Perangkat keras Komputer atau Komponen Komputer. Pengertian Perangkat keras Komputer atau Komponen Komputer adalah serangkaian hardware yang paling penting dalam komputer dan diharuskan ada dalam rangkaian komputer, jika salah satu komponen komputer tidak ada satu maka komputer tidak akan dapat berfungsi dengan baik.
Setelah membahas tentang Pengertian Perangkat keras Komputer atau Komponen Komputer maka pada paragraf selanjutnya saya akan membahas tentang 10 komponen komputer beserta fungsi dan cara kerja 10 komponen komputer.

10 Perangkat keras Komputer dan cara kerja 10 Komponen komputer :


1. MOTHERBOARD

Motherboard merupakan salah satu dari 10 Perangkat keras komputer yang memiliki posisi terpenting, Kenapa?? tenang saja saya akan memberikan alasannya maka baca saja Fungsi dari motherboard untuk mendapatkan alasannya. Fungsi Motherboard atau papan ibu adalah papan pcb yang dibuatin jalur – jalur elektrik dan di pasang port dan slot penghubung ke komponen komputer lainya agar menghemat penggunaan kabel dan membuat isi dalam pc lebih rapi dan meminimalkan penggunaan kabel yang digunakan untuk memasang atau menancapkan Perangkat keras komputer agar dapat terhubung antara komponen komputer satu dengan komponen komputer yang lainnya, sedangkan pengertian Motherboard sendiri adalah komponen utama komputer yang sangat vital karena tanpa Motherboard maka tidak dapat menghubungkan perhirepal dari komponen utama komputer yang lain. Sudahkah anda tau Fungsi dan pengertian dari Motherboard ??? Apakah anda masih belum memahaminya?? jika anda belum memahami masih ada artikel lain yang dapat anda baca tentang PENGERTIAN MOTHERBOARD DAN FUNGSI KOMPONEN MOTHERBOARD.


2. PROCESSOR

Central Processor Unit ( C P U ) adalah salah satu dari 10 Perangkat keras komputer atau disebut dengan Processor. Processor adalah otak dari komputer. Fungsi Pocessor adalah untuk mengolah semua perintah yang dilakukan user. Processor memiliki tiga komponen dengan fungsi berbeda yaitu ALU ( Arithmatica Logical Unit ) berfungsi sebagai pengolah angka, CU ( Control Processor Unit ) lebih umum disebut Processor yang berfungsi sebagai pusat pengolah data dan MU (Memory Unit) berfungsi sebagai alat penyimpanan yang kecil dari program atau perintah pada komputer tetapi memiliki kecepatan akses yang tinggi. Jika anda belum masih kurang untuk dapat memahami Pengertian dan fungsi processor pada artikel ini silahkan Kunjungi juga artikel yang membahas PENGERTIANDAN FUNGSI DARI PROCESSOR.

3. RAM

RAM ( Random Access Memory ) termasuk salah satu dari 10 Perangkat keras Komputer yang penting Karena RAM memiliki fungsi yang merupakan memory penyimpanan sementara dari suatu perintah dari user yang akan di eksekusi oleh Processor dan juga sebagai penyimpan sementara dari hasil eksekusi dari Ram sebelum diproses lebih lanjut untuk di keluarkan dalam bentuk output. Tanpa adanya salah satu komponen komputer yang disebut RAM maka komputer tidak akan bisa berfungsi bahkan komputer tidak akan bisa menyala. Untuk artikel lebih lengkap tentang RAM Kunjungi juga artikel FUNGSI DANJENIS JENIS RAM KOMPUTER.

4. VGA

Perangkat Keras Komputer lain yang tidak kalah penting dari RAM adalah VGA ( Video Graphic Array ) atau kartu grafis yang berfungsi menghubungkan hasil proses prosesor yang akan ditampilkan ke monitor atau lcd, sebelum ditampilkan processor akan memproses data ke VGA terlebih dahulu. VGA sangat dibutuhkan dalam membangun sebuah komputer dan tanpa VGA hasil otput tidak akan sampai ke monitor atau LCD. VGA sekarang sudah ada yang terintegrasi oleh Motherboard atau ada juga yang harus terpasang melalui slot yang akan dipasang pada motherboard. Silahkan kunjungi artikel ini untuk mengetahui lebih lengkap PENGERTIAN VGA, FUNGSI VGA DAN JENIS-JENIS VGA

5. HDD.

HDD ( Hardisk ) masuk dalam kategori dari 10 Perangkat keras Komputer karena sebagai media penyimpanan. Hardisk adalah perangkat menyimpan utama pada komputer seperti Operating Sistem, aplikasi maupun file. Hardisk termasuk jenis penyimpan data voltage atau permanen pada komputer kecuali data tersebut terformat atau terhapus oleh user maupun sengaja dihapus. kunjungi juga artikel tentang PENGERTIANHARD DISK DRIVE (HDD) DAN BAGIAN DARI HARDDISK SERTA PRINSIP KERJANYA.


6. PSU

PSU ( power Supply Unit ) adalah suatu Perangkat keras Komputer yang berfungsi untuk mensupply daya listrik menuju ke komputer dan juga berfungsi untuk mengubah arus AC menjadi DC. Tanpa Psu sebuah komputer tidak akan menyala.


7. OPTICAL DISC DRIVE

Optical drive biasa juga dikenal dengan nama CD Drive, DVD Drive atau ODD. Alasan Optical disc drive masuk kedalam perangkat Keras komputer karena memiliki fungsi yaitu untuk membaca dan juga menyimpan data ke media cakram optik seperti CD , DVD, atau Blu-Ray Disc.


8. KEYBOARD MOUSE

Keyboard adalah perangkat Keras Komputer yang berfungsi untuk menginput perintah dalam bentuk angka,huruf maupun karakter.

Mouse adalah perangkat inputan yang menggunakan pointer untuk menjalankan perintah user.


9. MONITOR

Monitor adalah perangkat keras komputer yang berupa output yang berfungsi untuk menampilkan hasil program dari VGA ( Video Graphic Array ) yang ditampilkan ke monitor agar user dapat menjalankan perintah kembali. Disebut juga screen atau display.Monitor ada dua jenis yaitu tabung dan LCD.

10. CASSING

Casing komputer merupakan sebuah rumah berbentuk kotak yang dibutuhkan oleh perangkat-perangkat komputer seperti Processor (CPU), Motherboard, hardisk dan peranti-peranti yang lain. Selain itu casing komputer juga digunakan untuk melindungi perangkat-perangkat yang sangat sensitif seperti motherboard, floppy drive, power supply, hard disk drive dan komponen komputer lain.


Kesimpulannya adalah bahwa casing komputer merupakan tempat atau rumah yang berfungsi untuk melindungi perangkat keras komputer dari benturan-benturan kecil yang dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat-perangkat komputer yang sensitif.

Dari pembahasan artikel tentang 10 Perangkat Keras Komputer dan Fungsi 10 Perangkat Keras Komputer semoga dapat membantu menambah wawasan dan ilmu.
Share:

2 komentar:

Mujaini mengatakan...

Thank gan sangat membantu menambah wawasan tentang perangkat keras komputer … Mudah2han bermanfaat ilmunya

Print A0 A1 A2 mengatakan...

Infonya sangat bermanfaat

Iklan

Pengikut

Blog Archive